Teknologi e-SIM Terbaru, Cukup Scan Kode QR

Rabu, 12 April 2023 - 13:29 WIB
loading...
Teknologi e-SIM Terbaru, Cukup Scan Kode QR
teknologi SIM yang terbaru yakni e-SIM atau SIM elektronik yang hanya memerlukan scan kode QR. FOTO/ TV
A A A
JAKARTA - Di era sekarang ini, digitalisas i telah membawa perubahan yang signifikan bagi kehidupan masyarakat, terutama dalam hal layanan internet.



Mulai dari jaringan internet yang kecepatannya terus berkembang seiring waktu, hingga pengguna internet yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Baru-baru ini, salah satu penunjang layanan internet yakni kartu SIM atau Subscriber Identity Module tengah mengalami perkembangan pula.

Sebelumnya, kartu SIM yang awalnya berupa mini SIM berubah menjadi micro SIM dan berubah lagi menjadi nano SIM.
Hingga saat ini, terdapat teknologi SIM yang terbaru yakni e-SIM atau SIM elektronik yang hanya memerlukan scan kode QR.

e-SIM memungkinkan pengguna untuk bisa mengaktifkan data seluler dan tersambung ke jaringan internet tanpa harus membongkar ponsel untuk menggunakan kartu SIM fisik.

Bagi para traveler atau pelancong yang bepergian jauh, teknologi yang dimiliki e-SIM ini akan sangat berguna.

Melansir dari Kominfo, e-SIM yang merupakan SIM digital sebelumnya berfungsi dengan cara tertanam di dalam perangkat yang nantinya akan teraktivasi secara jarak jauh dengan operator lokal.

Teknologi yang dimiliki e-SIM ini memungkinkan pemilik ponsel untuk bisa menggunakan layanan internet di berbagai negara hanya dengan mengaktivasi e-SIM di negara tujuan.

Disamping itu, pengguna juga bisa berganti kartu SIM sesuai dengan operator seluler lokal hanya melalui satu ponsel saja.
Beberapa perbedaan e-SIM dengan SIM fisik biasa diantaranya adalah, e-SIM bersifat permanen karena tertanam di bagian motherboard, ukuran e-SIM lebih kecil dan lebih mudah digunakan serta e-SIM dapat digunakan di jaringan internet secara internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)