Bisa Bantu Tentukan Arah, Koper Bertenaga AI untuk Tunanetra Diluncurkan

Senin, 30 Januari 2023 - 21:05 WIB
loading...
Bisa Bantu Tentukan Arah, Koper Bertenaga AI untuk Tunanetra Diluncurkan
Koper Bertenaga AI untuk Tunanetra Diluncurkan. FOTO/ MAINICHI
A A A
TOKYO - Seorang Ilmuwan komputer tunanetra mengembangkan sebuah koper pintar bertenaga AI untuk membantu para tunanetra menavigasi lingkungan mereka dengan lebih efisien, tanpa memerlukan tongkat atau pemandu.


Singkat cerita, Ilmuwan berusia 65 tahun bernama Chieko Asakawa, mengalami kebutaan total sejak dia baru berusia 14 tahun setelah mengalami kecelakaan tragis.

Asakawa yang merupakan ilmuwan komputer dan juga merupakan Direktur National Museum of Emerging Science and Innovation, merupakan saksi hidup bahwa tunanetra bisa mengatasi kecacatannya untuk mencapai hal-hal hebat.

Tapi, sebagai seseorang yang telah lama kesulitan menavigasi tempat-tempat asing dan ramai, Asakawa memiliki ide untuk membantu para tunanetra berkeliling dengan lebih mudah.

Pada tahun 2017 lalu, pengalaman pribadi dari Asakawa yang menginspirasinya untuk memunculkan ide tentang koper pintar yang bisa memandu penggunanya dengan bantuan sensor dan kamera bawaan.

Lalu, enam tahun kemudian koper AI tersebut hampir rampung untuk debut komersialnya.

"AI memandu saya karena menggantikan penglihatan yang hilang. Hal itu merupakan sebuah mimpi, untuk bisa keluar dengan bebas sendirian," tutur Asakawa seperti yang dikutip dari laman odditycentral.

Untuk cara kerjanya, setelah pengguna memasukan tujuan di ponsel pintar mereka, koper AI yang cukup kecil untuk dibawa dalam penerbangan sebagai barang bawaan itu, bisa merencanakan rute optimal ke titik tersebut.

Koper tersebut kemudian mengandalkan serangkaian sensor dan sistem GPS yang tepat, yang bisa menentukan posisinya dalam margin kesalahan 10 sentimeter untuk menilai sekelilingnya, serta menghindari menabrak orang lain dan rintangan di rutenya.

Kemudian, Koper AI pun menawarkan feedback kepada pengguna lewat komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

Meski prototipe sebelumnya dilengkapi dengan roda kecil yang cocok untuk penggunaan dalam ruangan, kiper pintar tersebut diperbarui dengan roda yang besar dan kokoh, serta motor bertenaga hingga bisa digunakan di luar ruangan.

Perangkat pintar tersebut saat ini telah tersedia untuk diuji bagi para tunanetra di depan Museum Miraikan, Tokyo hingga 6 Februari 2023 mendatang.

Rencananya, Asakawa dan perusahaan yang mensponsori pengerjaan koper tersebut selama beberapa tahun terakhir, ingin menyediakan koper AI untuk disewa di bandara, pusat perbelanjaan, hingga stasiun kereta api dalam waktu dekat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2786 seconds (0.1#10.140)