Google PHK 12.000 Karyawannya, CEO Sundar Pichai: Ini Keputusan Sulit

Jum'at, 20 Januari 2023 - 21:57 WIB
loading...
Google PHK 12.000 Karyawannya, CEO Sundar Pichai: Ini Keputusan Sulit
CEO Google, Sundar Pichai mengatakan bahwa dia sangat menyesal karena terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). FOTO/ IST
A A A
MENLO PARK - Google dikabarkan akan pecat sekitar 12.000 karyawannya atau sekitar enam persen dari total karyawan yang tersebar di seluruh dunia.



CEO Google, Sundar Pichai mengatakan bahwa dia sangat menyesal karena terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dia menyebut itu adalah keputusan yang sulit namun harus dilakukan demi kelanjutan perusahaan di masa depan.

Seperti dilansir dari Engadget, Jumat (20/1/2023), Alphabet sebelumnya melakukan perekrutan besar-besaran selama beberapa tahun terakhir selama periode pertumbuhan dramatis di industri teknologi yang terjadi saat pandemi Covid-19.

Tetapi selama beberapa minggu terakhir, Google dan juga sejumlah perusahaan teknologi lain termasuk Microsoft, Amazon, Meta, dan melakukan pemutusan hubungan kerja yang sama menyakitkannya dan dramatis karena kondisi ekonomi.

Pichai pun mengatakan kepada para karwayannya bahwa "kami mempekerjakan untuk realitas ekonomi yang berbeda dari yang kami hadapi saat ini."

Google adalah yang terakhir menerapkan PHK, sebagian berkat divisi iklan dan cloud-computing yang kuat. Namun, perusahaan mengalami penurunan laba 27 persen pada kuartal terakhir dibandingkan tahun sebelumnya, dan Pichai mengatakan Alphabet perlu mengurangi biaya dan perekrutan.

Namun, para aktivis dan analis menyerukan pemotongan yang lebih agresif, mencatat bahwa jumlah karyawan perusahaan telah naik 20 persen sejak 2017.

Pichai mengatakan bahwa karyawan akan dibayar selama periode pemberitahuan penuh minimal 60 hari.

Alphabet juga akan menawarkan paket pesangon mulai dari gaji 16 minggu ditambah dua minggu untuk setiap tahun tambahan di Google dan mempercepat setidaknya 16 minggu pemberian GSU.

Itu juga akan membayar bonus 2022 dan sisa waktu liburan, sambil menawarkan perawatan kesehatan selama 6 bulan, layanan penempatan kerja, dan dukungan imigrasi untuk mereka yang terkena dampak.

Selama dua minggu terakhir, Microsoft, Amazon, dan Meta masing-masing memberhentikan 10.000, 18.000, dan 11.000 karyawan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)