6 Tips Melindungi Data Pribadi di Dunia Maya, No 3 Jangan Dilakukan!

Senin, 29 Agustus 2022 - 19:04 WIB
Kecerobohan membuka tautan yang mencurigakan bisa jadi petaka. Sebab, hal tersebut bisa dipakai untuk melakukan serangan phishing yang meretas informasi seperti data akun dan data pribadi lainnya.

”Hindari mengunduh aplikasi-aplikasi mencurigakan atau bukan dari website terpercaya. Selalu juga cek ulang alamat website yang kita kunjungi, karena pelaku kejahatan juga seringkali memalsukan website untuk memancing pengguna,” beber Andri.

4. Gunakan antivirus dan fitur-fitur pengaman aplikasi

Penggunaan antivirus pada perangkat untuk melindungi perangkat dari infeksi malware sangat penting. Andri juga menyarankan untuk memaksimalkan fitur-fitur pengaman pada aplikasi atau perangkat yang sebenarnya sudah disediakan. Misalnya Two Factor Authentication (2FA), One Time Password (OTP), End-to-end encryption , setelan privasi, peringatan masuk akun, dan lainnya.

”Kenali dan aktifkan fitur-fitur tersebut untuk menambah keamanan saat berinternet,” ujar Andri.

5. Update aplikasi dan hapus aplikasi yang tidak terpakai

Andri mengingatkan agar pengguna lebih memperhatikan aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat. Jika ada update, segera lakukan. Karena versi pembaharuan seringkali bertujuan memperkuat celah keamanan dari temuan-temuan yang ada. Hapus juga aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai. Apalagi aplikasi yang sudah tidak dijalankan oleh pengembang untuk menghindari risiko peretasan.

6. Jangan membagikan informasi-informasi penting di dunia digital

Ternyata memang banyak masyarakat yang masih tidak sadar, bahwa membagikan informasi penting seperti KTP, foto tiket atau passport, QR code, atau informasi pribadi seperti nama ibu dan nomor pribadi saat berinternet atau menggunakan media sosial sangat berbahaya. Hal ini penting karena banyak cara yang dapat dilakukan oleh penjahat siber. Misalnya pencurian identitas atau informasi penting yang dimanipulasi untuk berbagai kejahatan seperti pembobolan akun dan penipuan dari identitas yang dicuri.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More