6 Tips Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Sabtu, 26 Februari 2022 - 07:42 WIB
Selain fitur konektivitas, mode getar juga diklaim sebagai fitur yang menyedot baterai dalam jumlah besar. Pasalnya, saat getar diaktifkan, perangkat akan berusaha keras untuk memutar alat penggerak sehingga menghasilkan vibrasi. Inilah yang akan membuat baterai cepat boros.

2. Matikan aplikasi usaidipakai

Membiarkan aplikasi terbuka di background akan membuat baterai smartphone terkuras dalam waktu cepat. Bahkan smartphone kadang suka nge-lag. Nah, untuk melakukan hal ini, tak perlu aplikasi khusus. Android Authority menyebut jika aplikasi khusus “killer app” hanya menambah beban konsumsi baterai. Lagipula, apa susahnya mematikan aplikasi langsung dengan jari kita?

3. Gunakan internet dengan bijak

Layanan seluler menyedot baterai lebih besar ketimbang wi-fi. Maka dari itu, saat sedang berinteraksi di dunia maya, jika memungkinkan, gunakan koneksi data dari Wi-Fi. Apalagi, penggunaan Wi-Fi juga bisa menghemat kuota data seluler.

4. Atur layar

Kecerahan layar yang cukup tinggi ternyata juga mampu menyedot baterai dalam jumlah besar. Bahkan layar merupakan musuh baterai paling utama. Maka dari itu, atur kecerahan layar serendah mungkin dari fitur Pengaturan smartphone. Atau bisa juga menggunakan fitur

Adaptive Brightness yang membuat kecerahan layar diatur secara otomatis tergantung pada situasi dan kondisi pencahayaan di sekitar.

Selain itu, atur kunci layar dalam durasi yang lebih cepat. Yang terbaik adalah pengaturan kunci layar selama 15 detik saat smartphone tidak digunakan.

5. Batasi lokasi dan data
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More