Apa Itu Chatbot dan Dampaknya Bagi Bisnis?

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:05 WIB
Memudahkan operasional

Menggunakan teknologi chatbot memungkinkan pelaku usaha melakukan otomasi terhadap berbagai kebutuhan operasional. ”Perusahaan tidak perlu menghadirkan ratusan atau ribuan agen customer service untuk melayani konsumen, khususnya untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan dasar yang sering ditanyakan,” beber Irzan.

Praktis, Cepat dan Responsif

Salah satu keunggulan chatbot adalah kemampuan AI yang bisa melayani konsumen dengan cepat dan responsif. Dengan programming yang sudah dipersiapkan secara spesifik berdasarkan kebutuhan, konsumen dapat segera dilayani cepat dengan bahasa dan proses yang mudah dimengerti lewat aplikasi pesan teks seperti WhatsApp.

Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Kegunaan utama chatbot berfokus pada tingkat kepuasan konsumen. Dengan layanan yang cepat, dampak positif dapat dirasakan langsung oleh konsumen. Penerapan teknologi ini diklaim bisa memberi rating positif terhadap perusahaan.

Ekonomis dan Efisien

Manusia memiliki keterbatasan waktu serta fisik yang tidak mampu bekerja selama 24 jam, sedangkan chatbot mampu menghadirkan layanan 24/7. Dengan teknologi ini konsumen dapat menggunakan layanan di luar jam operasional usaha dan perusahaan tidak perlu membayar lembur atau menyiapkan shift tambahan.

Bekerja Sistematis

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More