Inilah 3 Roket yang Gagal Antar Wisatawan ke Antariksa, 2 di Antaranya Meledak

Kamis, 06 Januari 2022 - 09:16 WIB


Pesawat tersebut dibawa ke ketinggian oleh pesawat kargo serta diluncurkan sesuai rencana. Menurut para saksi, pesawat tersebut menyala sesaat sebelum akhirnya mati.

Beruntung sang pilot dapat mengendalikan kendaraan dan mendarat dengan selamat. Menurut CEO perusahaan, Michael Colglazier, penerbangan tersebut gagal mencapai batas luar angkasa yang telah direncanakan. Setelah dilepaskan, komputer pada pesawat yang memantau roket kehilangan koneksi.

3, Pesawat Ulang Alik Challenger Meledak

Pesawat ulang alik challenger milik NASA meledak. Rencananya pesawat ini akan mengantarkan astronaut untuk eksplorasi luar angkasa. Dalam penerbangan tersebut, terdapat tujuh astronaut yang tewas ketika melakukan misi. Peluncuran pesawat ini disaksikan secara langsung di kota Florida. Selain itu, peluncuran juga disiarkan oleh secara langsung di televisi.

Pesawat ini diluncurkan pada Januari 1986. Ketika 73 detik setelah peluncuran, pesawat ini meledak di udara. Sebelum meledak, pesawat ini sudah terlihat ada yang tidak beres.



Melansir Space, kemungkinan ledakan tersebut adalah kesalahan teknis. Cincin O pada bagian sebelah kanan roket gagal dilepaskan. Hal ini menghambat kerja pada suplai bahan bakar. Salah satu roket menjadi miring dan menggores pesawat. Goresan tersebutlah yang menyebabkan percikan api di sekitar tangki bahan bakar.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More