Inilah 3 Roket yang Gagal Antar Wisatawan ke Antariksa, 2 di Antaranya Meledak

Kamis, 06 Januari 2022 - 09:16 WIB
Kumpulan roket-roket yang pernah gagal ke antariksa. FOTO/ IST
NEW YORK - Baru-baru ini wisata luar angkasa mencuri perhatian masyarakat. Wisata luar angkasa ini terkenal ketika Jeff Bezos, pendiri Blue Origin melakukan penerbangan ke luar angkasa pada Juli 2021.

Meskipun tengah viral, wisata luar angkasa ini nyatanya pernah mengalami kegagalan. Mulai dari insiden meledak hingga gagal mencapai batas luar angkasa. Berikut daftarnya.



1. Roket SpaceX Starship SN 10 Meledak

Uji coba roket SpaceX Starship SN10 milik Elon Musk mengalami kegagalan. Diketahui roket ini meledak. Kasus meledaknya roket ini sudah tiga kali terjadi. Roket ini sempat meluncur dengan sempurna ke angkasa dan berhasil mendarat. Namun tak lama kemudian meledak.





Uji coba ini dilakukan pada 3 Maret 2021 di Boca Chica, Texas Amerika Serikat. Menurut Elon Musk, SN10 sudah semakin dekat untuk mencapai pendaratan vertikal yang aman dari model sebelumnya, yaitu SN8 dan SN9. Roket SpaceX Starship merupakan kendaraan generasi terbaru yang dimiliki SpaceX yang digunakan untuk perjalanan ke luar angkasa dengan terjangkau.

2. Pesawat SpaceShipTwo Unity Gagal Mencapai Batas Luar Angkasa

Uji coba penerbangan pertama Virgin Galatic dengan pesawat SpaceShipTwo Unity dari Spaceport America di New Mexico gagal mencapai batas ruang angkasa. Uji coba ini dilakukan pada Desember 2020 dengan tujuan untuk kendaraan yang nantinya akan membawa para wisatawan pertama pada penerbangan antariksa suborbital.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More