Waspada! Ini 5 Jenis Serangan Siber yang Mengancam HP Anda!

Rabu, 24 November 2021 - 16:31 WIB
2. Password lemah atau dipakai ulang

Pengguna kini dituntut membuat akun baru untuk berbagai layanan digital, mulai layanan konsultasi dokter online, platform transportasi online hingga e-commerce. Ini menyediakan lebih banyak jalan untuk dieksploitasi peretas.

Survei IBM Agustus 2021 menyebut 86% konsumen di Asia Pasifik mengakui bahwa mereka menggunakan kembali password sama di beberapa akun online. Hal ini adalah kebiasaan privasi data yang buruk. Sebab, satu serangan saja dapat membuat seluruh jejak internet pengguna rentan disalahgunakan peretas.

3. Wi-Fi gratis tidak sepenuhnya gratis

Layanan Wi-Fi publik memberi peluang bagi peretas untuk mencuri data, karena data yang dikirim melalui web seperti informasi kartu kredit mungkin jatuh ke tangan peretas melalui jaringan Wi-Fi publik.

4. Serangan Phishing

Phising adalah jenis serangan di mana siber mengelabui korbannya untuk menyerahkan informasi sensitif atau memasang malware, menyamar sebagai tautan, lampiran, atau bahkan aplikasi yang sah, di perangkat mereka.

Setelah peretas memiliki akses ke informasi sensitif, mereka dapat menggunakannya untuk mencuri informasi pribadi, melakukan kejahatan, bahkan melakukan pembelian dengan informasi kartu kredit pengguna.



5. Kerentanan zero-day
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More