Clubhouse Tambahkan Fitur Audio Spasial, Apa itu?

Selasa, 31 Agustus 2021 - 11:03 WIB
Clubhouse meluncurkan fitur baru bernama Audio Spasial. Foto/dok
JAKARTA - Clubhouse meluncurkan fitur baru bernama Audio Spasial. Lewat fitur ini, aplikasi suara tersebut menghadirkan pengalaman mendengarkan audio yang terasa lebih hidup dan dekat, sehingga para pengguna seolah berada dalam percakapan langsung.

Fitur ini meniru cara manusia menangkap dan memproses suara ketika berada di ruang yang sama. Jadi, Clubhouse mengatur jarak masing-masing speaker di headphone bluetooth, earphone, maupun sistem stereo dalam mobil.

Selain itu, sumber musik/stereo akan diposisikan sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar musik/stereo itu sendiri.



Dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (31/8/2021), Clubhouse mengatakan bahwa fitur Audio Spasial ini akan tersedia untuk untuk para pengguna iOS dan secepatnya akan dapat dirasakan oleh para pengguna Android.



Untuk menciptakan pengalaman audio spasial ini, langkah pertama yang dilakukan software Clubhouse adalah menetapkan secara merata posisi setiap pembicara dalam sebuah room agar pengalaman yang dihasilkan lebih optimal.

Kemudian software ini mengaktifkan HRTF dan beberapa pemroses suara tambahan untuk tiap suara agar suara dari pembicara terdengar seakan-akan data dari satu posisi spesifik.

Selain dalam perbincangan, software ini juga dapat diaplikasikan ke musik untuk memberikan pengalaman dengan efek stereo.



Kehadiran fitur audio spasial ini pun disebut dapat membuka lebih banyak peluang bagi kreator untuk berkreasi atau bereksperimen dengan kekuatan audio.

Selain ikon baru di aplikasi, Clubhouse juga meluncurkan Creator Commons, sebuah wadah mendukung kesuksesan para kreator.

Adanya wadah ini, para kreator bisa mendapatkan informasi seputar Clubhouse, termasuk tips merencanakan dan membuat klub, termasuk topik yang menarik.
(ysw)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More