Fitur AI Samsung Galaxy S24 Kini Bisa Bahasa Indonesia! Ini Manfaatnya

Senin, 29 April 2024 - 21:02 WIB
loading...
Fitur AI Samsung Galaxy S24 Kini Bisa Bahasa Indonesia! Ini Manfaatnya
Dengan Bahasa Indonesia, Galaxy AI mempermudah komunikasi dan produktivitas penggunanya. Foto: Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - Galaxy AI akhirnya resmi mengadopsi bahasa Indonesia. Jadi, fitur-fitur AI di HP tersebut akhirnya bisa lebih relevan dengan pengguna di Indonesia.

Sebelumnya, Galaxy AI di seri Galaxy S24 memang punya banyak sekali fungsi. Tapi, belum begitu optimal karena tidak bisa memakai Bahasa Indonesia. Sehingga, fungsi-fungsi seperti mentranslasi bahasa atau transkrip hanya bisa ke Bahasa Inggris atau lainnya.

Sekarang, dengan Bahasa Indonesia fitur-fitur Galaxy AI bisa jauh lebih bermanfaat. Baik itu untuk Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, hingga Note Assist sudah mendukung Bahasa Indonesia.

“Kehadiran Bahasa Indonesia ini melengkapi 15 bahasa asing lain termasuk bahasa Arab dan Rusia di Galaxy AI,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia. “Ini jadi milestone penting bagi Samsung di era mobile AI,” tambahnya.

Nah, berikut 3 cara untuk mengoptimalkan Galaxy AI dengan Bahasa Indonesia:

1. Jadi Translator saat Bepergian ke Luar Negeri
Fitur AI Samsung Galaxy S24 Kini Bisa Bahasa Indonesia! Ini Manfaatnya

Fitur interpreter di Galaxy AI bisa menerjemahkan obrolan tatap muka dengan Bahasa Indonesia. Termasuk fitur Live Translate yang bisa menerjemahkan bahasa asing melalui sambungan telepon. Cukup bicara menggunakan bahasa sehari-hari, Live Translate akan menterjemahkan.

2. Menulis Bahasa Indonesia dengan AI
Fitur AI Samsung Galaxy S24 Kini Bisa Bahasa Indonesia! Ini Manfaatnya

Chat Assist bisa memberikan rekomendasi gaya penulisan sesuai konteks yang diinginkan dalam Bahasa Indonesia. Bahkan, bisa di sesuaikan gaya penulisan mulai chatting, email formal hingga caption sosmed.

Ada juga pilihan writing style casual untuk percakapan sehari-hari dan social untuk membuat caption di sosial media. “Jadi tidak perlu pusing mikirin caption ketika mau posting,” ujar Verry.

Namun, untuk memaksimalkan Chat Assist harus memakai Samsung Keyboard.

3. Transkrip Rapat atau Kuliah ke Bahasa Indonesia
Fitur AI Samsung Galaxy S24 Kini Bisa Bahasa Indonesia! Ini Manfaatnya

Transcript Assist kini bisa untuk mentranskrip dan merangkum rekaman suara langsung dalam bahasa Indonesia. Sehingga bisa mencatat kata-kata dosen yang berbicara terlalu cepat atau harus buat Minute of Meeting (MoM) dari meeting panjang.

Tinggal tinggal rekam memakai Galaxy S24 Series, lalu gunakan AI untuk transkrip, dan summarize inti dari isi percakapan ke versi yang lebih padat dan informatif.



Bahkan, bisa juga membaut catatan harian hingga script konten dengan Note Assist. Termasuk catatan to-do list. Caranya cukup tekan simbol mic pada Samsung Keyboard dan menyebutkan to-do list atau kegiatan penting yang perlu dicatat dan fitur ini akan langsung mengubah suara menjadi bentuk teks.

Note Assist dapat meringkas catatan menjadi bullet point dengan summarize, hingga mengganti bahasa catatan sesuai kebutuhan.
“Teknologi ini didukung Generative AI, On Device, dan On Cloud AI sehingga memberikan pengalaman berbeda dari sebelumnya,”tambahVerry.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)