Begini Cara Telkomsel Cari Cuan dengan Berinvestasi di Startup

Sabtu, 24 Juli 2021 - 23:03 WIB
”Kami mengakselerasi pertumbuhan startup di sektor-sektor tersebut dengan memanfaatkan sumber daya Telkomsel,” ujarnya.

Dari sekiranya sembilan startup yang sudah mendapat investasi pre series dan series A/B melalui TMI, hampir seluruhnya merupakan startup lokal Indonesia yang memiliki potensi pengembangan bisnis digital yang menjanjikan di tiap sektornya.

Hingga saat ini TMI telah melakukan investasi sekira Rp580 miliar di sejumlah startup yang sedang berkembang pesat di Indonesia, antara lain seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

Kolaborasi bersama Kredivo, misalnya, Telkomsel melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel serta dalam penyediaan opsi pembayaran dalam berbagai produk dan layanan Telkomsel.

Kolaborasi bersama Halodoc, Telkomsel menghadirkan bundling paket data layanan kesehatan dan konsultasi telemedicine tanpa biaya selama pandemi COvid-19.

Bersama Tanihub, Telkomsel juga melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel untuk memberikan modal usaha bagi petani, serta dalam memberikan solusi internet of things (IoT) bagi petani yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pertanian.

Sedangkan kolaborasi bersama SiCepat juga dilakukan antara lain dalam penyediaan paket data bagi kurir serta dalam implementasi solusi IoT dalam pengelolaan armada kurir.



Menurut Marlin, selama pandemi Covid-19 sejumlah startup justru tumbuh signifikan. ”Kami selalu berikan saran kepada mereka tentang consumer behaviour atau kebiasaan konsumen. Apa kebiasaan-kebiasaan baru konsumen selama pandemi. Mulai WFH, keinginan orang untuk makan sehat, dan lainnya,”,
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More