Memakai POCO M3 Pro 5G di Jaringan 5G Telkomsel, Apa Dampaknya dalam Keseharian?

Selasa, 20 Juli 2021 - 20:18 WIB
Kecepatan jaringan 5G POCO M3 Pro bisa 10 kali lipat jaringan 4G LTE dalam pengujian. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Sebagai ponsel 5G dengan banderol harga paling terjangkau, POCO M3 Pro punya andil besar dalam perkembangan jaringan 5G di Indonesia. Tapi, pertanyaannya jaringan 5G itu bisa digunakan untuk apa?

Dengan banderol Rp2.599.000 (4GB+64GB) dan Rp2.899.000 (6GB+128GB), artinya masyarakat memiliki opsi yang sangat terjangkau terhadap ponsel 5G. Sudah ada di kelas “entry level”. Ini jelas kemajuan pesat. Sebab, setahun lalu ponsel 5G masih di kelas flagship. Yang mahal.



Untuk apa sebenarnya jaringan 5G ini? Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut bahwa jaringan 5G akan menjadi game changer terhadap transformasi digital. Dampak jaringan 5G, menurut Erick akan dirasakan oleh pemerintah, pelaku usaha, serta masyarakat.

Oke, tidak perlu terlalu muluk untuk mengaitkan jaringan 5G ke virtual reality, cloud gaming, internet of things, atau istilah-istilah teknologi keren lainnya. Justru pertanyaan sederhananya adalah seberapa penting jaringan 5G Telkomsel di POCO M3 Pro dalam keseharian?



Soal Kecepatan dan Latensi



Untuk sementara, mendefinisikan jaringan 5G cukup perlu ingat dua hal ini: kecepatan tinggi dan latensi rendah. Kecepatan jaringan 5G milik Telkomsel bisa 10 kali lipat lebih cepat dibandingkan jaringan 4G LTE.

Adapun latensi adalah jeda. Mudahnya, jika latensi jaringan operator tinggi, maka akan terasa kurang responsif dan lambat. Ini paling dirasakan misalnya saat memainkan game online. Gerakan jadi tidak responsif, bahkan ngelag.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More