Keajaiban Video Game di Layar Lebar Indonesia Buat Film Lebih Wow

Kamis, 17 Desember 2020 - 06:45 WIB
Pandemik dan praktik pembatasan sosial mendorong para produser dan pembuat film untuk semakin kreatif dalam storytelling-nya. Salah satunya menggunakan game engine. Foto/Ist
JAKARTA - Pandemik virus Corona telah mematikan kegiatan produksi film dan membuat bioskop ditutup . Produsen film Indonesia pun kehilangan pendapatan hingga ratusan miliar rupiah.

Meskipun produksi film sudah berlanjut kembali dan suksesnya penyelenggaraan festival film paling bergengsi FFI 2020 dianggap sebagai tonggak kebangkitan, industri film diyakini masih bakal merasakan dampak pandemik hingga 2021 dan sesudahnya.



Menariknya, pandemik dan praktik pembatasan sosial, telah mendorong para produser dan pembuat film untuk semakin kreatif dalam storytelling mereka. "Terlepas dari pembatasan sosial di sana-sini, sudah banyak contoh bagaimana produksi film dilakukan secara remote, yang menunjukkan industri perfilman sungguh-sungguh menunjukkan tekad untuk terus berkarya. Hal ini membuka jalan bagi masa depan industri ini dan produksi film yang dilakukan secara virtual dan remote telah menjadi bagian dari proses pembuatan film," kata Quentin Staes-Polet, GM SEA/India, dalam keterangan tertulisnya.

Biaya Produksi Belum Efisien



Teknologi pembuatan film telah berkembang maju selama lebih dari 40 tahun terakhir. Hanya dengan menonton salah satu film Sci-Fi tahun 80-an saja kita akan segera mengetahui bahwa evolusi teknologi perfilman sangat pesat. Animasi dan efek khusus tampak semakin realistik, sehingga sesuatu yang pada dua dekade lalu mustahil, kini menjadi mungkin.

Quentin Staes-Polet mengutarakan, Indonesia juga tidaklah baru dalam hal teknologi pembuatan film. Sebab ada sejumlah animator Indonesia yang tergabung dalam tim dibalik pembuatan film-film box office seperti Transformers, Iron Man, The Adventure of Tintin, Ant Man, dan lainnya.

Akan tetapi, proses produksi film masih tetap diterpa isu inefisiensi dan biaya tinggi, serta belum ada solusi yang betul-betul menjawab persoalan itu.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More