Harga Naik Rp700.000-an, AMD Umumkan Prosesor Desktop Seri Ryzen 5000

Minggu, 11 Oktober 2020 - 14:16 WIB


Anda mungkin telah memperhatikan perubahan pada desain chipset. AMD telah menggunakan chipset alih-alih desain monolitik yang digunakan Intel, yang memungkinkannya untuk mengemas lebih banyak core tetapi dengan biaya latensi yang meningkat karena penundaan komunikasi antara modul CCX.

Prosesor Zen 3 memiliki chipset yang masing-masing dapat memiliki 6 atau 8 core dengan 32MB cache L3, yang berarti chip seperti 5800X dan 5600X hanya dapat memiliki satu CCX dengan semua cache-nya. Dengan begitu secara signifikan mengurangi latensi internal dan mengurangi keharusan untuk menulis ke memori sistem, yang jauh lebih lambat. Ini juga mempengaruhi bagian inti yang lebih tinggi seperti 5900X dan 5950X pada tingkat yang lebih rendah.

Anda mungkin juga memperhatikan bahwa harga secara keseluruhan telah naik Rp733.000. Ini di atas fakta bahwa tidak ada SKU non-X tahun ini.



AMD mengatakan perusahaan tidak berencana meluncurkan SKU lagi pada saat ini, yang tidak berarti bahwa mereka tidak akan meluncurkan penerus Ryzen 3 3100 dan 3300X di beberapa titik. Hanya kita mungkin tidak melihat Ryzen 5 5600 atau Ryzen 7 5700X seperti sebelumnya. Tampaknya AMD telah memutuskan untuk menyingkirkan SKU non-X untuk saat ini sambil juga menaikkan harga dari SKU X sebelumnya, yang mungkin tidak disambut oleh semua orang meskipun ada peningkatan pada kinerjanya.

Ini juga berarti bahwa AMD sekali lagi bersaing dengan dirinya sendiri, karena suku cadang generasi sebelumnya sekarang jauh lebih murah dan mungkin tampak lebih menarik bagi beberapa pembeli, terutama yang menggunakan motherboard lama. Adapun Intel, suku cadang tersebut memiliki harga yang sama tetapi Intel memiliki masalah lain, yakni kurangnya stok untuk model kelas atas, yang telah menyebabkan biaya untuk unit yang tersedia meroket.



Seri Ryzen 5000 baru akan tersedia untuk pembelian mulai 5 November. Mereka akan kompatibel dengan semua motherboard yang menjalankan chipset B550 dan X570 saat peluncuran. (Baca juga: PSBB Transisi, Boleh Makan di Tempat Restoran, Bioskop dan Olahraga Air Kapasitas 25% )

Motherboard B450 akan mendapatkan pembaruan BIOS beta pada Januari 2021, yang memungkinkan pengguna menggunakan chipset baru ini pada motherboard B450 tertentu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More