Intel Umumkan Chip Khusus untuk Mendukung Kinerja AI

Jum'at, 15 Desember 2023 - 10:08 WIB
loading...
Intel Umumkan Chip Khusus untuk Mendukung Kinerja AI
Tidak mau kalah dengan Nvidia, Intel juga mendesain chip dengan kerja powerful untuk bisa menjalankan tugas-tugas AI. Foto: Intel
A A A
JAKARTA - Era artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah dimulai. Dan untuk mendukung hal ini, Intel baru saja meluncurkan chip notebook Core Ultra terbaru yang dikhususkan untuk kinerja AI.

Peluncuran dilakukan tepat seminggu setelah AMD mengungkapkan perangkat keras Ryzen 8040. Perusahaan mengklaim chip ini dapat memberikan pengalaman AI dengan sangat baik.

Melansir Engadget, Jumat (15/12), chip ini awalnya diberi nama kode "Meteor Lake". Chip tersebut merupakan yang pertama yang menyertakan NPU, atau unit pemrosesan saraf, untuk mempercepat tugas AI.

Untuk beban kerja AI, Intel mengatakan chip Core Ultra dapat mencapai hingga 34 TeraOPS ketika menggabungkan kinerja di seluruh NPU, GPU, dan CPU.

Ia juga akan mengaktifkan fitur seperti Studio Effects di Windows 11, yang dapat mengaburkan latar belakang dan meningkatkan pencahayaan video tanpa terlalu menguras masa pakai baterai.

Chip ini juga mendukung kinerja AI kreatif, Intel mengatakan Ultra 7 165H 70% lebih cepat dibandingkan Ryzen 7 7840U di Adobe Premiere Pro dan 5,4 kali lebih cepat saat menjalankan GIMP Stable Diffusion.

Intel menyebut chip Core Ultra lebih hemat daya hingga 79% dibandingkan generasi terakhir AMD Ryzen 7840U. Tetapi kinerjanya lebih cepat 11% dibanding perangkat AMD untuk multithread.

Dikatakan bahwa efisiensi adalah kunci dari kehebatan dan keunggulan chip Core Ultra. Ini dibuat berdasarkan proses Intel 4 (7nm) terbaru, dan dilengkapi dengan kemasan FOVEROS 3D.

Menurut Intel, ini juga merupakan chip x86 paling efisien untuk sistem ultrathin. Terdapat inti P (Performa) dan E (Efisiensi) yang disempurnakan, serta grafis Intel Arc, yang dua kali lebih cepat dibandingkan generasi terakhir.

Keluarga Core Ultra diluncurkan dengan Ultra 7 165H di kelas atas, menawarkan 16 core/22 thread 6P core, 8 E core, dan 2 core E berdaya rendah serta frekuensi Max Turbo 5GHz.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2515 seconds (0.1#10.140)