Samsung Mulai Kembangkan Chip 2 Nm untuk Galaxy S26

Sabtu, 25 Mei 2024 - 20:23 WIB
loading...
Samsung Mulai Kembangkan Chip 2 Nm untuk Galaxy S26
Samsung bermaksud untuk memimpin dalam produksi chip 2 Nm dengan meluncurkan chip unggulannya sedini mungkin. Foto: SEIN
A A A
JAKARTA - Galaxy S25 baru akan rilis tahun depan. Tapi, saat ini Samsung juga sudah mengembangkan chip baru untuk 2 tahun kedepan. Yakni, SoC (System on Chip) Exynos 2600 untuk Galaxy S26. Chip itu diperkirakan mengusung arsitektur 2 Nm.

Chipset yang sedang dikembangkan tersebut diberi nama kode "Thetis," yang diambil dari tokoh dari mitologi Yunani. Chip tersebut akan memberikan daya di seri Galaxy S26. Samsung berencana untuk memimpin inovasi chipset tercepat dengan meluncurkan chip 2 Nm sesegera mungkin.

Untuk diketahui, saat ini (Mei 2024), chip Qualcomm terbaru menggunakan proses fabrikasi 4nm. Ini adalah chip Snapdragon 8 Gen 3 yang digunakan di ponsel-ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S24.

Tahun lalu, Samsung membagikan rencana untuk memproduksi secara massal chipset berbasis proses 2 Nm dan 1,4 Nm pada acara Forum Foundry mereka.

Menurut media Korea Selatan ETNews, Samsung sengaja ingin mempercepat pengembangan chip 2 Nm untuk “mencuri start” dibandingkan kompetitor mereka.

Samsung Electronics mengembangkan chipset 2nm karena persaingan dengan Apple dan TSMC memanas.

Pada acara Foundry Farm tahun lalu, Samsung mengatakan akan memproduksi secara massal proses 2nm untuk aplikasi seluler pada 2025.

Chip itu diklaim akan menunjukkan peningkatan kinerja sebesar 12%, peningkatan efisiensi daya sebesar 25%, dan penurunan luas total sebesar 5%.

Menurut laporan terbaru, Samsung memulai proyek AP (prosesor aplikasi) 2nm dengan nama kode "Thetis," yang diyakini sebagai Exynos 2600 — chipset unggulan yang kemungkinan akan debut dengan seri Galaxy S26 pada tahun 2026.

Dengan asumsi semua berjalan baik, Samsung akan menjadi salah satu yang pertama menghadirkan chip berbasis 2 Nm untuk komersial.

Tahun depan, chip 3 Nm tetap akan digunakan oleh Galaxy S25 tahun depan. Ini juga berarti Samsung akan bersaing dengan seri Apple iPhone 17, yang kemungkinan akan dirilis tahun depan dengan chip berbasis 2nm.



Saat ini, model flagship Samsung seperti Galaxy S memang menggunakan 2 chip berbeda. Yakni, Snapdragon di beberapa wilayah seperti AS dan Kanada. Juga, Exynos di wilayahlainnya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1987 seconds (0.1#10.140)
pixels