Smartphone Apa yang Paling Cocok untuk Belajar Online Anak?

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 20:39 WIB
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) butuh perangkat tepat dari sisi harga maupun fitur. Harganya harus terjangkau, sedangkan spesifikasinya juga harus cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi.
JAKARTA - Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai buntut dari pandemi Covid-19 membawa tantangan besar. Tidak hanya bagi orang tua dan murid, namun juga sekolah dan guru. BACA JUGA : Berburu Foto Malam dengan Galaxy Note20 Ultra, Hasilnya Mengejutkan…



Tantangan besarnya ada dua. Pertama, kebutuhan smartphone yang tepat untuk PJJ. Kedua, kebutuhan kuota data yang memang dioptimalkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan PJJ.

Faktanya, banyak sekali siswa saat ini tidak memiliki smartphone pribadi. Dan itu tidak hanya terjadi di daerah, bahkan juga di Jabodetabek.





Tidak hanya di daerah, bahkan di Jabodetabek pun masih banyak keluarga yang belum memiliki smartphone untuk pembelajaran daring. Foto: dok Antara.

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) melaporkan, umumnya satu keluarga hanya memiliki sebuah smartphone. Yang tentunya akan sulit untuk mengikuti pembelajaran daring di pagi atau siang hari.

Data FSGI juga menyebut ada lebih dari 46 ribu sekolah yang tidak dapat merasakan PJJ daring. Terutama di kawasan pelosok, pegunungan, serta wilayah terluar Indonesia.

Dari permasalahan tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa yang dibutuhkan untuk PJJ ada empat hal. Pertama, harga smartphone yang terjangkau. Kedua, spesifikasi ponsel yang cukup untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran daring.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More