Pakai Mode Layar Gelap, Cara Hemat Baterai Ponsel hingga 30 Persen

Rabu, 04 September 2024 - 23:00 WIB
Dalam sebuah eksperimen menggunakan smartphone dengan layar OLED 4,5 inci dan baterai 4500 mAh, dua pasang tangkapan layar dari situs web disiapkan. Satu dengan latar belakang putih dan satu lagi dengan latar belakang hitam.

Setiap pasangan tangkapan layar kemudian diubah menjadi slideshow, ditampilkan terus menerus hingga baterai benar-benar habis.

Tes dimulai dengan baterai yang terisi penuh 100 persen di kedua siklus. Selama pengujian, smartphone tidak memiliki aplikasi eksternal, beroperasi dalam mode pesawat, dan kecerahan layar diatur ke maksimum. Cara ini memastikan bahwa perbedaan dalam konsumsi energi hanya disebabkan oleh skema warna dari konten yang ditampilkan, terutama warna latar belakang.

Ponsel bakal kehabisan baterai setelah 10 jam dan 25 menit dalam mode terang; dan setelah 13 jam dan 31 menit dalam mode gelap.

Hasil ini berbicara dengan sendirinya. Setelah mengaktifkan mode gelap, smartphone bertahan 3 jam dan 6 menit lebih lama, meningkat 29 persen.

Perlu diingat bahwa dalam kedua kasus, teks dan set grafik yang sama ditampilkan. Perpanjangan waktu operasi hampir sepertiga ini semata-mata disebabkan oleh perubahan warna latar belakang.

Pengosongan baterai yang lebih lambat berarti ponsel perlu diisi ulang lebih jarang. Pengisian yang lebih jarang berarti konsumsi energi yang lebih sedikit, yang pada gilirannya mengurangi pembakaran batu bara. Diperkirakan layar OLED akan digunakan hingga 75 persen pada smartphone yang diperkenalkan ke pasar.

Di komputer, keunggulan penghematan energi dari mode gelap lebih kecil karena popularitas layar OLED yang lebih rendah, tetapi tidak dapat diabaikan. Latar belakang gelap lebih nyaman di mata, memungkinkan penggunaan laptop dalam kondisi pencahayaan rendah di malam hari. Mode gelap yang digunakan oleh sejumlah besar pengguna smartphone memang dapat menghasilkan penghematan energi yang signifikan.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More