5 Tips Agar Baterai HP Awet di 2023

Rabu, 14 Juni 2023 - 22:44 WIB
loading...
5 Tips Agar Baterai HP Awet di 2023
Tips menjaga agar baterai HP awet penting untuk diketahui. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Smartphone kini sudah jadi salah satu perangkat yang selalu dibutuhkan mengingat banyaknya fitur yang tersedia. Bersamaan dengan seringnya penggunaan hape di kehidupan sehari-hari, baterai hape pun cepat habis tanpa disadari.

Berbeda dengan zaman dahulu, HP tidak hanya berfungsi untuk menelpon dan mengirim pesan, namun juga bisa untuk mengakses hiburan, menonton film, mengetik dokumen, dan lain-lain.

Fitur hape yang semakin canggih berakibat baterai ponsel cepat terkuras. Agar baterai hape bisa bertahan lama, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan.

1. Jangan charge baterai HP sampai penuh

Pengguna HP sering kali mengisi ulang hape hingga semalaman, namun ternyata cara ini justru mengurangi umur baterai.
Berkurangnya umur baterai HP disebabkan karena saat hape ditinggal semalaman untuk diisi ulang, saat mencapai 100 persen, kualitas baterai akan berkurang seiring waktu.

Dalam jangka pendek, Anda mungkin tidak sadar perbedaannya. Akan tetapi, setelah beberapa bulan hingga beberapa tahun kedepannya, jangka waktu umur baterai akan semakin pendek.

Pertanyaannya, sampai berapa persen untuk mengisi ulang baterai hape Anda? Para ahli merekomendasikan idealnya hape dapat diisi ulang antara 40 sampai 80 persen jika Anda ingin kualitas baterai hape awet untuk jangka panjang.

iPhone jenis terbaru kini sudah ada fitur untuk membatasi isi ulang sampai tahap 80 persen dalam beberapa jam. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk meninggalkan hape Anda diisi ulang semalaman.

Selain iPhone, Samsung pun punya fitur untuk membatasi isi ulang sampai 85 persen. Tujuannya untuk mempertahankan umur baterai.

2. Bawa powerbank ketika bepergian

Jika Anda bepergian jauh dan tidak ada akses untuk isi ulang HP, alangkah baiknya membawa powerbank untuk berjaga-jaga jika baterai habis. Kini sudah tersedia beragam kapasitas powerbank untuk semua jenis HP.

3. Matikan bluetooth dan wifi saat tidak digunakan

Jika sedang tidak terhubung dengan perangkat lain yang membutuhkan bluetooth seperti smartwatch atau headphone, lebih baik matikan koneksi bluetooth pada HP. Tanpa disadari, teknologi wireless cepat menguras umur baterai, jadi mematikan koneksi wireless dapat memperpanjang umur baterai.

4. Matikan GPS

GPS banyak digunakan aplikasi yang menggunakan fitur peta untuk mencari lokasi tertentu. Sayangnya, GPS juga dapat mengurangi baterai HP secara cepat. Matikan GPS jika tidak sedang menggunakan aplikasi seperti Google Maps atau aplikasi yang membutuhkan akses lokasi. Tanpa disadari, ada perbedaan signifikan dari kemampuan HP Anda dan dapat membuat umur baterai lebih panjang.


5. Gunakan mode battery-saving

Kebanyakan hape modern sudah menyediakan mode battery-saving atau low power. Saat mode ini diaktifkan, layar HP berubah warna menjadi hitam dan putih atau membatasi penggunaan hape Anda.

Dalam beberapa kasus, mode ini dapat membuat baterai hape menjadi awet. Saat kapasitas baterai sudah melemah bahkan mendekati nol persen, mode battery-saving bisa jadi penyelamat Anda.

Tips tambahan, Anda bisa mengaktifkan mode ini secara otomatis saat Anda hendak tidur di malam hari. Dengan menggunakan mode ini, kapasitas baterai hape Anda dapat terjaga dan tidak berkurang drastis sehingga Anda tidak perlu isi ulangdipagihari.

MG/Shavna Dewati Setiawan
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)