Pakai Mode Layar Gelap, Cara Hemat Baterai Ponsel hingga 30 Persen

Rabu, 04 September 2024 - 23:00 WIB
Layar menjadi komponen penting ponsel yang boros energi baterai. Foto/Essanews
JAKARTA - Layar menjadi komponen penting ponsel yang boros energi baterai. Ada cara untuk menghemat baterai ponsel hingga 30 persen.

Solusi paling sederhana tampaknya dengan menggunakan layar lebih jarang. Tetapi cara ini kurang efektif ketika membeli ponsel dengan fitur modern hanya untuk menghindari penggunaan layar.

Essanews melansir, Rabu (4/9/2024) semua elemen penting, seperti grafik, teks, tombol, dan ikon, hanya menempati kurang dari 30 persen dari area layar. Sisanya berupa latar belakang putih.



Masalahnya, latar belakang ini praktis tidak memiliki peran fungsional. Hingga 70 persen dari layar menyala hanya untuk membuat elemen-elemen lainnya terlihat.



Ternyata, penggunaan area layar yang lebih efisien masuk akal. Layar LCD memiliki pencahayaan belakang yang konstan dan seragam di seluruh permukaan, terlepas dari warna yang ditampilkan. Di sisi lain, layar OLED bekerja secara berbeda. Layar ini dilengkapi dengan dioda organik yang memungkinkan setiap titik pada layar berfungsi secara independen. Kecerahan setiap piksel tunggal dapat disesuaikan secara terpisah.

Selain menawarkan gambar berkualitas tinggi, panel OLED memiliki keunggulan penting lainnya: efisiensi energi. Piksel yang bertanggung jawab untuk warna hitam pekat tidak diaktifkan, yang berarti mereka tidak mengonsumsi energi.



Ingat 70 persen area layar yang menyala tanpa guna tadi? Jika membalikkan warna dan mengubah latar belakang putih menjadi hitam, hanya elemen yang ditampilkan yang akan mengonsumsi energi pada layar OLED, yang akan menjadi kurang dari sepertiga dari area layar.

Keunggulan Mode Gelap

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More