Catat! Ini 8 Cara Bikin Baterai HP Tidak Cepat Habis

Selasa, 12 Desember 2023 - 22:21 WIB
loading...
Catat! Ini 8 Cara Bikin Baterai HP Tidak Cepat Habis
Idealnya, baterai HP mampu menyuplai daya hingga seharian. Sayangnya, belum 12 jam HP sudah kehabisan daya. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Banyak yang penasaran, bagaimana cara agar baterai HP tidak cepat habis ? Idealnya, baterai HP mampu menyuplai daya hingga seharian. Sayangnya, belum 12 jam baterai HP sudah kehabisan daya.

Meski tersedia banyak pilihan powerbank , Anda juga tetap harus menghemat daya baterai HP dengan beberapa cara berikut ini.

Baterai HP Tidak Cepat Habis

1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar


Tingkat kecerahan layar yang semakin tinggi akan sangat menguras baterai ponsel. Karena itu, Anda perlu membuka pengaturan kecerahan ponsel dan menurunkan tingkat kecerahannya. Atau, aktifkan pengaturan penyesuaian kecerahan otomatis agar tidak sering setting ulang. Fitur kecerahan layar otomatis diklaim mampu memeriksa intensitas pencahayaan di sekitar pengguna.

2. Tutup Aplikasi di Latar (Background Processing)


Aplikasi harus berjalan di latar belakang untuk menjalankan ponsel secara optimal. Misalnya saja aplikasi VPN, media sosial, kalender, kesehatan, dan antivirus. Namun perlu diketahui, beberapa aplikasi tetap berjalan saat pengguna tidak menutupnya.

Ketika aplikasi dibiarkan berjalan di latar, mereka akan mengelola banyak memori dan menghabiskan daya, sehingga membuat baterai ponsel cepat habis.

3. Aktifkan Mode Gelap (dark mode)


Sebagian besar ponsel saat ini menggunakan layar Organic Light Emitting Diode (OLED) dan menyediakan mode tampilan tema gelap dan terang, biasanya dengan latar warna putih atau hitam.

Dengan mode gelap, panel-panel pada ponsel tidak akan menyala ketika layar menampilkan gambar hitam pekat, sehingga akan sangat menghemat daya.

4. Non Aktifkan Aplikasi Pelacak Lokasi


Banyak aplikasi di ponsel yang dapat melacak lokasi pengguna seperti Google Maps, Grab atau Gojek, Facebook, hingga Instagram. Beberapa aplikasi tersebut akan terus-menerus memantau lokasi pengguna dan membuat baterai ponsel cepat habis.

Solusinya, non aktifkan pengaturan lokasi saat sedang tidak menggunakan salah satu aplikasi tersebut. Ini akan mencegah aplikasi melacak lokasi pengguna yang secara tidak langsung menguras baterai ponsel saat tidak menggunakannya.

5. Non Aktifkan Nada Getar


Mematikan nada atau notifikasi getar akan menghemat banyak daya baterai. Sebab, fitur getaran membutuhkan lebih banyak daya daripada fitur lain.

6. Meminimalisir Penggunaan Widget


Meminimalisir penggunaan widget dapat menghemat baterai. Ya, widget adalah aplikasi kecil yang menampilkan informasi seperti notifikasi tertunda atau perkiraan cuaca di layar utama. Mereka dapat membantu jika kamu ingin akses cepat ke informasi tertentu, tetapi mereka juga dapat menghabiskan masa pakai baterai.

7. Aktifkan Mode Hemat Daya


Mode hemat daya (power saving mode) membantu kamu menghemat daya baterai saat HP digunakan dalam waktu lama. Saat kamu mengaktifkan mode ini, HP kamu akan secara otomatis mematikan beberapa fungsi yang tidak perlu dan mengurangi kecerahan layar. Dengan menggunakan mode ini, baterai HP kamu akan terjaga karena ia secara otomatis akan mengatur semuanya agar tidak cepat habis.

8. Siapkan Powerbank


Bila ketujuh cara di atas belum berhasil menghemat baterai, tidak ada cara lain selain menyiapkan powerbank . Saat ini banyak pilihan merek dan kapasitas powerbank . Pilih yang memiliki fitur fast charging dengan memiliki kapasitas setidaknya 10.000 mAH.

Itulah delapan cara agar baterai HP tidak cepat habis. Dapatkan gadget dan aksesoris terlengkap hanya di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)