Kenapa Battery Health iPhone Cepat Turun, Ini Penyebabnya

Rabu, 01 Februari 2023 - 08:53 WIB
loading...
Kenapa Battery Health iPhone Cepat Turun, Ini Penyebabnya
Selain konsumsinya yang rakus, Battery Health pada iPhone juga tak jarang mengalami penurunan drastis. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sudah bukan rahasia lagi bahwa kelemahan iPhone terletak pada baterainya. Selain konsumsinya yang rakus, Battery Health pada iPhone juga tak jarang mengalami penurunan drastis meskipun umur perangkatnya masih terbilang muda.

Keluhan pengguna tentang Battery Health iPhone yang cepat turun bisa ditemukan di forum-forum daring. Lantas kenapa Battery Health iPhone cepat turun? Berikut jawabannya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/1/2023).

Penuaan Kimia
Perangkat iPhone, seperti perangkat lainnya, menggunakan bahan kimia Lithium-ion sebagai bahan dasar baterai. Seiring pemakaian, kualitasnya akan berkurang. Akibatnya, kapasitas baterai iPhone lebih cepat habis.



Meskipun demikian, baterai iPhone dirancang untuk mempertahankan kapasitas 80%, bahkan setelah 500 siklus pengisian daya. Penuaan kimiawi juga mengakibatkan impedansi, artinya baterai tidak lagi mampu mensuplai ponsel dengan daya seperti dulu.

Suhu Ekstrem
Paparan suhu ekstrem misalnya yang terlalu panas juga akan mengakibatkan iPhone tak mampu bertahan lama. Menurut Intercel, masa pakai baterai akan menurun setengah untuk setiap peningkatan suhu 15 derajat Fahrenheit.

Sayangnya, berada di lingkungan yang lebih dingin juga tidak baik bagi baterai iPhone. Ini hanya akan meningkatkan impedansi baterai, yang pada akhirnya akan membuat Battery Health menjadi turun drastis.



Koneksi
Kenapa Battery Health iPhone Cepat Turun, Ini Penyebabnya


Selain dua alasan di atas, penyebab lain Battery Health iPhone cepat turun bisa juga karena koneksinya. Jika WiFi, Bluetooth, Data Seluler, dan Layanan Lokasi selalu aktif, maka sudah tentu baterai ponsel akan lebih cepat habis.

Penggunaan Aplikasi
Kebanyakan dari kita lupa untuk 'menghentikan' aplikasi yang tidak lagi digunakan. Jika aplikasi-aplikasi tersebut berjalan di latar belakang, maka mereka pasti akan menghabiskan baterai Anda dan lama kelamaan membuat masa pakai baterai berkurang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2374 seconds (0.1#10.140)