Gampang! Begini Cara Membersihkan Headphone dan Perangkat Audio Lainnya

Kamis, 11 Januari 2024 - 19:37 WIB
Bila lama tidak dibersihkan, headphone atau earphone bisa menjadi sarang kotoran. (Foto: MNC)
JAKARTA - Ketahui cara membersihkan headphone dan perangkat audio lainnya. Tujuannya, agar headphone maupun perangkat audio lainnya tidak mengalami kerusakan dini.

Bila lama tidak dibersihkan, headphone atau earphone bisa menjadi sarang kotoran. Debu, sel kulit mati, kotoran telinga hingga produk perawatan bisa saja menempel di perangkat tersebut.

Tapi ingat, kamu tidak bisa sembarangan membersihkan headphone dan perangkat audio lainnya seperti menghisap atau meniupnya. Ada treatment khusus untuk membersihkan perangkat ini. Apa saja?

Cara Membersihkan Headphone

1. Pakai Kain Pembersih Kacamata



Gunakan bantuan kain kacamata untuk membersihkan headphone. Selain memiliki permukaan lembut, jenis kain kacamata sendiri biasanya dapat memudahkan proses pembersihan di sela-sela yang sulit dijangkau alat pembersih lain. Tidak jauh berbeda dengan cotton buds, kamu hanya perlu mengusap kain ke bagian dalam lubang headphone.



Penggunaan kain kacamata yang biasanya menggunakan material microfiber akan mempermudah dalam membersihkan headphone kotor dengan cakupan bidang lebih besar. Pastikan juga untuk menggunakan kain kering pada proses pembersihan untuk mencegah air jatuh ke mesin headphone maupun meninggalkan tetesan air pada bagian dalam lubang headphone.

2. Gunakan Cotton Buds



Perhatikan lubang headphone. Bagian ini cukup sulit dalam membersihkannya sehingga kamu membutuhkan alat seperti cotton buds kering untuk membersihkan headphone kotor di sela-sela lubang. Selain itu, menggunakan cotton buds yang lembab bisa menjadi pilihan untuk mengangkat kotoran bandel.

Jangan lupa untuk membersihkan headphone kotor di tempat dengan penerangan yang cukup sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan membersihkan headphone kotor di bagian lubangnya, maka risiko kotoran yang mengandung bakteri tidak akan masuk ke dalam telinga. Mengingat, bagian ini yang sang dekat atau kontak langsung dengan telinga.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More