7 Manfaat VPN Kecepatan Tinggi di 2024, Mulai Ngegame hingga Buka Situs yang Diblokir

Senin, 01 Januari 2024 - 13:06 WIB
Manfaat VPN penting diketahui, agar lebih produktif serta lebih luas menggunakan hiburan di 2024. Foto: PCmag
JAKARTA - Virtual Private Network (VPN) atau jaringan pribadi virtual memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data di jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi.

Banyak yang sudah paham tentang VPN , tapi tidak semua menggunakannya. Alasannya beragam, bisa karena tidak butuh, masalah harga, atau lainnya.

Tapi, di 2024, menggunakan layanan VPN dengan kecepatan tinggi menjadi kebutuhan yang penting.

Untuk apa? Banyak, mulai bermain game, menonton video, mengunduh file besar, dan bahkan panggilan konferensi. Semuanya memerlukan koneksi VPN secepat kilat dengan latensi minimal dan kecepatan transfer data yang tinggi.

Nah, berikut adalah sejumlah manfaat menggunakan jaringan VPN di 2024 yang perlu diketahui menurut Kaspersky:

1. Menonton acara olah raga atau TV asing

Terkadang Anda merasa jengkel karena pertandingan tim sepak bola/sepak bola/bisbol/kriket/rugby yang Anda cintai tidak disiarkan di TV lokal. Nah, menggunakan VPN, Anda bisa menonton apa yang Anda bayar. Cukup memilih server VPN di negara asal dan menyambungkannya. Dengan begitu, Anda akan diberi alamat IP “asli” yang secara virtual akan memindahkan Anda ke rumah. Hanya perlu memastikan bahwa koneksi internet lokal dan VPN telah sesuai dengan kecepatannya.



2. Lewati pelambatan bandwidth

Di jaringan seluler, tempat umum, dan terkadang bahkan sambungan rumah, ISP membatasi kecepatan komunikasi, yang dikenal sebagai pembatasan bandwidth. Anda mungkin memperhatikan hal ini ketika mengunjungi situs dengan video atau mengunduh file besar: internet akan berjalan jauh lebih lambat. Hal ini memungkinkan ISP menghemat bandwidth dan mengurangi beban pada jaringan, tetapi juga membatasi hak Anda.

Menggunakan VPN yang mengenkripsi lalu lintas, penyedia layanan dan pihak ketiga lainnya tidak dapat melihat secara pasti apa yang Anda lakukan saat online atau situs apa yang dikunjungi, sehingga mereka tidak dapat membatasi bandwidth Anda.

3. Bermain game di wilayah yang diinginkan

Server dari banyak game multipemain tersebar di seluruh dunia. Terkoneksi dari wilayah tertentu, Anda akan bermain di server terdekat. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir lag seluruh pemain, menyatukan pemain dari zona waktu yang sama, dan mengurangi kendala bahasa dalam obrolan game.

Namun pendekatan ini juga dapat menimbulkan masalah: misalnya, Anda mungkin bermain pada jam yang “tidak ramah”, yang berarti hanya ada sedikit mitra permainan yang cocok di server terdekat, atau tim Anda telah memilih server permainan yang sangat spesifik. Melalui VPN, Anda bisa online di wilayah yang diinginkan serta menjamin koneksi ke server terbaik untuk kebutuhan Anda. Kecepatan VPN sangat penting di sini untuk memastikan jeda rendah dan pertukaran data cepat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More