6 Lokasi Pabrik Samsung di Dunia, Nomor 4 di Cikarang

Rabu, 10 Mei 2023 - 14:27 WIB
Sebagian besar pasokan Samsung ditujukan untuk pasar India. Hal ini karena India merupakan pasar smartphone paling menguntungkan bagi Samsung. Samsung juga dapat mengekspor smartphone buatan India ke pasar seperti di Eropa, Afrika, dan Asia Barat.

3. China

China menjadi tempat produksi sebagian besar ponsel Samsung Galaxy. Meski, Samsung menutup pabrik ponselnya yang tersisa di China pada 2019. Hal tersebut karena target pasar Samsung turun di bawah 1 persen di negara tersebut.

4. Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara tempat ponsel Samsung dibuat. Salah satu pabrik Samsung terdapat di Cikarang. Pabriknya dibangun di tanah seluas 6.000 m2 dan dapat menyerap tenaga kerja sekitar 972 orang.

Hal Ini menjadi keputusan yang cukup baru oleh perusahaan Samsung untuk mulai membuat ponsel di negara ini. Pabrik Samsung yang ada di Indonesia dibuka pada 2015 dan memiliki kapasitas produksi sekitar 800.000 unit per tahun. Hal tersebut cukup bagi Samsung untuk memenuhi permintaan lokal yang ada di Indonesia.



5. Korea Selatan

Samsung telah mengoperasikan fasilitas manufaktur di negara asalnya Korea Selatan. Dari situlah sebagian besar komponen yang bersumber dari perusahaan saudaranya dibuat. Akan tetapi, pabrik produksi ponsel pintarnya di Korea Selatan menyumbang kurang dari 10 persen untuk pengiriman global. Unit yang diproduksi di sini terutama ditujukan untuk pasar lokal.

6. Brazil

Samsung telah mengoperasikan fasilitas manufaktur di Brasil yang di dirikan pada 1999. Sudah lebih dari 6.000 pekerja dipekerjakan di pabrik Samsung yang telah memasok ponsel cerdasnya ke berbagai negara, salah satunya di Amerika Latin. Brazil juga memiliki pajak impor yang tinggi, produksi lokalnya pun memungkinkan Samsung untuk menawarkan produk-produknya di negara tersebut dengan hargayangkompetitif

MG/Ayu Yunita Rahmawati
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More