Waspada! Ini 3 Bahaya Cas HP di Tempat Umum yang Jarang Diketahui

Kamis, 13 April 2023 - 14:59 WIB
Terdapat sejumlah bahaya cas HP di tempat umum yang jarang diketahui masyarakat luas. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat sejumlah bahaya cas HP di tempat umum yang jarang diketahui masyarakat luas. Salah satunya adalah potensi terkena peretasan .

Seiring waktu, penggunaan ponsel pintar di tengah masyarakat sudah menjadi kebutuhan penting. Sejalan dengan hal tersebut, saat ini banyak dijumpai pula fasilitas pengisian daya yang berada di tempat umum.

Tujuan fasilitas tersebut sebenarnya bagus. Dalam hal ini, orang yang kehabisan daya pada ponselnya bisa menggunakan fasilitas itu dengan praktis. Saat ini, cukup banyak ditemui tempat pengisian daya umum seperti di kafe, stasiun, bandara, dan lainnya.

Akan tetapi, di balik manfaatnya tersebut, ternyata ada sisi lain yang berpotensi membahayakan penggunanya. Sebagai efeknya, dampak buruk bisa muncul terhadap ponsel terkait atau keamanan data pemiliknya.





Berikut sejumlah bahaya cas HP di tempat umum yang jarang diketahui.

Deretan Bahaya Cas HP di Tempat Umum

1. Risiko Peretasan

Baru-baru ini, Biro Investigasi Federal (FBI) mengimbau kepada masyarakat luas agar tidak melakukan pengisian daya ponsel di tempat umum. Adapun alasannya karena hacker bisa menggunakan port USB publik untuk memuat virus berbahaya seperti Malware.

Dalam hal ini, colokan USB yang telah terinfeksi bisa membuat peretas memiliki akses ke ponsel atau tablet si korbannya. Bahayanya, hacker bisa saja mengambil alih data-data penting pada ponsel dengan cara tersebut.

Sebagai solusinya, FBI merekomendasikan agar pengguna ponsel membawa pengisi daya dan kabel USB sendiri dari rumah. Selain itu, mereka juga disarankan menggunakan stopkontak listrik standar ketika mengisi daya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More