XL Sasar UKM yang Belum Melek Teknologi

Jum'at, 08 Mei 2015 - 17:49 WIB
XL Sasar UKM yang Belum Melek Teknologi
XL Sasar UKM yang Belum Melek Teknologi
A A A
JAKARTA - Divisi Cloud PT XL Axiata Tbk (XL) saat ini memiliki enam Data Center, tiga diantaranya sudah dibuka untuk publik. Ketiga Data Center tersebut berlokasi di Surabaya, Jakarta dan Pekanbaru. Semuanya merupakan pusat data di mana layanan komputasi awan, collocation dan Disaster Recovery Center (DRC).

Chief Digital Service Officer (CDSO) XL, Yessie D Yosetya mengatakan, tiga area tersebut dibuka untuk umum karena ada pasar UKM yang selama ini belum digarap potensial. Hingga akhir kuartal I/ 2015, tercatat ada lebih dari 130 pelanggan korporasi. Komposisi UKM mencapai 65%. Karena itu, keberadaannya dianggap penting karena mampu menggerakkan perekonomian.

"Segmen korporasi akan terus kami tingkatkan, tapi fokusnya akan ke segmen UKM, karena kue UKM besar. Mungkin di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya tidak terlihat tapi dipinggirnya, seperti Malang, Jember dan Probolinggo itu belum tersentuh," yakin Yessie di Jakarta, Jumat (8/5/2015).

Untuk itu, dengan sertifikasi ISO (International Standarization Organzation), yang baru dikantunggi, XL akan mengembangkan Data Center baru di Balikpapan, targetnya sebelum akhir 2015 sudah diresmikan. Pemilihan tempat ini mengingat lokasi Kalimantan merupakan wilayah relatif bebas dari jalur gunung api dan gempa tidak seperti Sumatera dan Jawa.

Dengan adanya Data Center di Balikpapan, pada akhir 2015, XL siap berkontribusi bagi ekosistem Cloud dan Data Center. Insfrakstruktur tersebut difasilitasi dengan lebih dari 2.300 rak yang terletak pada bangunan dengan total luas 12.000-an mr2 di atas lahan seluas 19.000 m2.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4867 seconds (0.1#10.140)