Trafik XL Melonjak Jelang Hari Raya Galungan

Senin, 19 Mei 2014 - 17:03 WIB
Trafik XL Melonjak Jelang Hari Raya Galungan
Trafik XL Melonjak Jelang Hari Raya Galungan
A A A
BALI - Sejak satu pekan terakhir peningkatan trafik layanan data dan SMS (layanan pesan singkat) di area Bali mulai terasa menjelang Hari Raya Galungan yang jatuh pada Rabu, 15 Mei 2014.

Jika hari biasa jumlah SMS per hari sekitar 18 juta, dan data sekitar 8,5 GB per hari. "Sejak kemarin jumlahnya meningkat menjadi 19 juta 500 SMS per hari. Sedangkan data nya mencapai 10.6 GB per hari," kata GM Sales XL East 2 Dodyk Supriyono dalam rilisnya, Selasa (19/5/2014).

Untuk Voice sampai dengan saat ini belum mengalami peningkatan signifikan, yaitu sekitar lebih dari 8 juta 200 menit per hari. Dodyk menyatakan, pihaknya telah mengantisipasi meningkatnya trafik menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan.

"Tim kami memastikan seluruh BTS XL di Bali telah siap menampung lonjakan trafik tersebut. Jaringan berkualitas di Bali didukung oleh 1.100 BTS (2G/3G)," ujarnya.

Khusus untuk Denpasar dan Badung, seluruh BTS dilengkapi dengan jaringan 3G yang akan memungkinkan semua pelanggan XL bisa menikmati layanan data dari XL secara maksimal kapan saja dan di mana saja.

Menurutnya, XL terus berupaya untuk melakukan peningkatan kualitas jaringan dan kapasitas melalui modernisasi jaringan. Pendapatan XL Bali diperoleh 50 persen dari voice, 30 persen dari data, dan 20 persen dari SMS.

Ia mengatakan, rata-rata pelanggan XL menggunakan SMS hanya sekitar 10 SMS per hari. Mendekati Hari Raya Galungan, jumlah pengiriman SMS meningkat menjadi 15-20 SMS per hari per pelanggan.

Seperti diketahui, jaringan XL di Bali telah menjangkau seluruh kecamatan yang ada. Sementara untuk layanan 3G, sudah meng-cover seluruh kabupaten/kota.

Proses modernisasi jaringan XL di Bali dimulai pada 2011, sehingga hampir semua BTS XL sudah menggunakan teknologi terbaru yang GoGreen. Kini, jaringan XL di Bali didukung oleh hamparan fiber optic dari Bali menuju Jawa, Bali-Lombok-Sulawesi.

Selain itu, dua lapis ring di Pulau Bali (ring di Kota Denpasar dan Kuta) dan beberapa hamparan fiber optic dari Denpasar menuju beberapa kota lain yang memastikan kapasitas komunikasi, baik Data maupun voice/SMS akan tercukupi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1333 seconds (0.1#10.140)