Teknologi chip bisa cegah kejahatan cyber crime

Selasa, 13 Mei 2014 - 17:10 WIB
Teknologi chip bisa cegah kejahatan cyber crime
Teknologi chip bisa cegah kejahatan cyber crime
A A A
Sindonews.com - Kapolri Jendral (Pol) Sutarman mengatakan, teknologi menggunakan chip pada kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk mencegah semakin maraknya kejahatan berbasis teknologi (cyber crime) di Indonesia.

Pasalnya, kartu ATM yang sekarang masih digunakan itu memiliki pengamanan dari pita magnet yang mudah sekali dibaca para peretas cyber crime tersebut.

"Sekarang ini masih menggunakan pengamanan dari pita magnet yang mudah sekali dibaca seseorang. Baik ketika memasukkan ke dalam kartu kredit, maupun pada saat dia transaksi di counter-counter tertentu," ujar dia di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Dalam waktu singkat, lanjut dia, seseorang bisa memindahkan dana seseorang karena keamanan ATM dengan pita magnet tersebut masih rentan pembobolan.

"Bahkan sekarang itu e-toll yang terkoneksi dengan nomor rekening di bank-bank tertentu itu juga mengandung kerawanan. Bukan karena saya menakut-nakuti, memang kenyataanya seperti itu," ujar Sutarman.

Senada dengan Sutarman, Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Suwigyo Budiman mengatakan, bahwa teknologi chip dapat mengurangi tindak kejahatan cyber crime di industri perbankan. Menurutnya, pembobolan rekening dalam pola penduplikatan data (skimming) masih rentan terjadi di Indonesia.

"Mereka pasang kamera sangat kecil di ATM, juga alat skim-nya. Tapi dengan penggunaan teknologi chip pada kartu ATM mulai tahun ini, Saya kira bisa mengatasinya," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7898 seconds (0.1#10.140)