Jelang Pilpres, Hackers Serang Amerika Serikat Habis-habisan

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 11:33 WIB
loading...
Jelang Pilpres, Hackers Serang Amerika Serikat Habis-habisan
Menjelang Pilpres AS 2020, para peretas atau hacker serang kepentingan Amerika di banyak negara bagian. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) di Amerika Serikat, para hackers atau peretas habis-habisan menyerang kepentingan AS. (Baca juga: Pemerintah Diimbau Waspada Serangan Siber ke Fasilitas Kesehatan )

Negara Bagian Louisiana salah satu pihak yang kewalahan dengan serangan ini. Karena itu mereka memanggil National Guard untuk menghentikan serangkaian serangan dunia maya yang ditujukan ke kantor-kantor pemerintah kecil di seluruh negara bagian dalam beberapa pekan terakhir ini.

Situasi di Louisiana mengikuti kasus serupa di Negara Bagian Washington, menurut konsultan keamanan siber yang mengetahui masalah ini, di mana peretas menginfeksi beberapa kantor pemerintah dengan jenis malware yang dikenal menyebarkan ransomware, yang mengunci sistem dan menuntut pembayaran untuk mendapatkan kembali akses.

Pejabat senior keamanan AS telah memperingatkan setidaknya sejak 2019, bahwa ransomware menimbulkan risiko bagi Pemilu AS, yakni serangan terhadap kantor pemerintah negara bagian tertentu di sekitar pemilu dapat mengganggu sistem yang diperlukan untuk mengelola aspek pemungutan suara.

Tidak jelas apakah para peretas berusaha menargetkan sistem yang terkait dengan pemilu di Louisiana atau hanya mengharapkan bayaran. Namun serangan tersebut menimbulkan kekhawatiran karena potensi bahaya yang ditimbulkannya dan bukti yang menunjukkan bahwa kelompok peretas yang canggih terlibat.

Laman Reuters melaporkan, para ahli yang menyelidiki insiden Louisiana menemukan alat yang digunakan oleh peretas yang sebelumnya terkait dengan kelompok yang terkait dengan pemerintah Korea Utara, menurut seseorang yang mengetahui penyelidikan tersebut.

Alat itu digambarkan kepada Reuters sebagai trojan akses jarak jauh, atau RAT, yang digunakan untuk menyusup ke jaringan komputer. Tetapi analis keamanan siber yang telah memeriksa RAT ini -yang dikenal sebagai "KimJongRat"- mengatakan, beberapa kodenya telah dipublikasikan di gudang virus komputer, di mana peretas dapat menyalinnya. Ini membuat atribusi ke Korea Utara kurang pasti.

Sementara staf di beberapa kantor pemerintah di Louisiana utara berhasil dikompromikan sebagai bagian dari kampanye, menurut dua orang yang mengetahui tanggapan insiden tersebut, serangan dunia maya dihentikan pada tahap awal sebelum kerusakan yang signifikan terjadi.

Louisiana menolak mengomentari insiden tersebut. Seorang juru bicara Kepolisian Negara Bagian Louisiana, mengatakan, mereka dipanggil untuk menyelidiki serangan dunia maya, tapi menolak berkomentar lebih lanjut. Kantor Gubernur mengatakan, mereka tidak dapat mengomentari penyelidikan yang sedang berlangsung.

Tyler Brey, Juru Bicara Kantor Sekretaris Negara Louisiana, mengutarakan, Louisiana adalah "negara bagian atas ke bawah", di mana data pemilu disimpan secara terpusat di kantor sekretaris negara bagian, yang dapat memudahkan pejabat pemilu untuk memulihkan diri dari serangan siber.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2430 seconds (0.1#10.140)