Ajaib, Lisensi Dagang Huawei Kembali Diperpanjang Departemen Perdagangan AS

Kamis, 12 Maret 2020 - 14:00 WIB
Ajaib, Lisensi Dagang Huawei Kembali Diperpanjang Departemen Perdagangan AS
Ajaib, Lisensi Dagang Huawei Kembali Diperpanjang Departemen Perdagangan AS
A A A
SHENZHEN - Departemen Perdagangan AS telah memperpanjang Lisensi Umum Sementara Huawei yang memungkinkannya untuk berdagang dengan perusahaan-perusahaan yang berbasis di Amerika hingga 15 Mei.

Ini merupakan kali keempat Huawei diberikan perpanjangan yang sama. Dalam siaran pers yang menyertainya, Departemen Perdagangan juga mengeluarkan permintaan untuk masukan publik mengenai masalah ini dengan ekstensi Lisensi Umum Sementara.

Mereka juga menyerukan kepada perusahaan-perusahaan teknologi yang berbasis di AS untuk berbagi masukan mengenai potensi biaya untuk bisnis mereka jika ekstensi lisensi di masa depan dicabut.

Semua pihak yang berkepentingan memiliki waktu hingga 25 Maret untuk menyuarakan pendapatnya kepada Biro Industri dan Keamanan (BIS) Departemen Perdagangan. Siaran pers yang menyertai perpanjangan lisensi terbaru juga menyebutkan bahwa penundaan ini dimaksudkan untuk memungkinkan perusahaan-perusahaan AS menemukan alternatif untuk peralatan, layanan, dan perangkat lunak Huawei.

Huawei memang masih ditempatkan pada Daftar Entitas AS sejak Mei 2019, tapi pabrikan masih diizinkan untuk melakukan bisnis dengan mitra AS-nya untuk komponen yang "tidak menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional". Selain itu, Huawei diberi izin untuk melanjutkan operasi terbatas di sektor peralatan jaringan, layanan seluler, dan riset keamanan siber di pasar AS.

Untuk diketahui, operator pedesaan di AS masih sangat bergantung pada peralatan Huawei telah menjadi salah satu pihak yang paling menonjol dalam pelonggaran itu. Pemerintah AS secara aktif berupaya membantu penyedia ini memutuskan hubungan dengan Huawei termasuk mengganti biaya mereka untuk peralatan telekomunikasi alternatif.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7371 seconds (0.1#10.140)