Patut Dinanti, Samsung Siapkan Ponsel Menengah dengan RAM 12 GB

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 22:00 WIB
Patut Dinanti, Samsung Siapkan Ponsel Menengah dengan RAM 12 GB
Patut Dinanti, Samsung Siapkan Ponsel Menengah dengan RAM 12 GB
A A A
SEOUL - Samsung belum lama ini mengumumkan SoC kelas flagship, Exynos 990. Chipset baru itu akan dibenamkan ke handphone unggulannya tahun depan, seperti Galaxy S11 dan Note 11 series.

Sekarang raksasa asal Korea itu mengumumkan chip terbaru, uMCP. Chipset menggabungkan 12 GB RAM LPDDR4X dengan penyimpanan cepat UFS 3.0. Dan yang lebih menariknya, Samsung memfokuskan prosesor itu untuk segmen mid-range.
Patut Dinanti, Samsung Siapkan Ponsel Menengah dengan RAM 12 GB

Melansir SamMobile, laman Giz China menyebutkan, paket combo baru ini didasarkan pada chip RAM 24-gigabit terbaru yang diproduksi pada proses 1y. Untuk diketahui 1y merupakan peningkatan kedua dari proses 10nm Samsung.

Ini seperti proses 10nm plus, tapi Samsung memutuskan untuk menyebutnya 1y. Sebelumnya dikabarkan Samsung memproduksi modul RAM 12 GB pertamanya pada bulan Maret lalu. Namun produk didasarkan pada chip 16-gigabit dengan kapasitas yang lebih kecil. Paket baru ini membawa empat chip 24-gigabit sebagai gantinya.

Samsung mendorong teknologi baru ke pasar kelas menengah. Untuk alasan itu, perusahaan Korea Selatan ini juga menawarkan paket alternatif RAM 10 GB yang menyisir dua chip 24-gigabit dan dua 16-gigabit. RAM LPDDR4X baru dapat mencapai kecepatan tertinggi 4.266Mbps.

Sangat menarik melihat Samsung mendorong teknologi baru di segmen bujet terbatas. Namun publik tidak pernah tahu apakah bakal benar-benar melihat smartphone midrange RAM 12 GB di tahun berikutnya. Terlebih, sebagian besar pabrikan utama belum menawarkan varian flagship mereka dengan RAM 12 GB.

Publik seluler mengetahui RAM 12 GB saat ini merupakan perangkat keras yang berlebihan di handphone berbasis Android. Namun kita kami percaya bahwa dengan munculnya handphone gaming dan smartphone desktop-convertible, maka RAM dengan jumlah besar benar-benar segera terwujud.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0986 seconds (0.1#10.140)