Berencana Dongkrak Harga Komponen, Produk Samsung Bakal Dijual Lebih Mahal?

Selasa, 17 Mei 2022 - 08:03 WIB
loading...
Berencana Dongkrak Harga Komponen, Produk Samsung Bakal Dijual Lebih Mahal?
Produk Samsung rencananya bakal dijual lebih mahal. FOTO/ IST
SEOUL - Krisis komponen yang melanda dunia tampaknya tak lama lagi akan mengakibatkan harga produk elektronik melambung tinggi. Ini tidak hanya berlaku untuk perangkat smartphone, tapi juga laptop bahkan mobil.

Apalagi baru-baru ini raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung dilaporkan tengah menyiapkan kenaikan harga untuk tiap komponen yang dijual oleh mereka. Dan tak tanggung-tanggung, kenaikannya mencapai 20%.

BACA JUGA - Samsung Hentikan Produksi Samsung S20, Fokus ke Seri Terbaru

Penetapan kenaikan harga yang dilakukan Samsung ini jelas akan berdampak juga ke banyak produk elektronik. Mengingat banyak perusahaan, termasuk Apple yang memasok komponen untuk produk mereka dari Samsung.

Jika perusahaan-perusahaan ini setuju untuk membayar Samsung lebih banyak untuk membangun produk mereka, pada akhirnya kenaikan harga komponen elektronik Samsung juga akan membebankan masyarakat luas.



Samsung sendiri sebenarnya selama setahun terakhir sudah berupaya untuk membuat harga komponennya relatif stabil. Namun, beberapa faktor seperti lockdown China hingga perang Ukraina memaksa Samsung untuk kalah.

Memang, kenaikan harga produk elektronik tidak akan terjadi dalam semalam, melainkan berbulan-bulan. Tapi tetap saja , kenaikan tetaplah kenaikan, yang tentu akan berdampak pada daya beli konsumen, dirangkum dari Android Authority.
(wbs)
Komentar Anda