Penjualan Smartphone Global Tahun Ini Diramalkan Turun

Rabu, 05 Juni 2019 - 08:24 WIB
Penjualan Smartphone Global Tahun Ini Diramalkan Turun
Penjualan Smartphone Global Tahun Ini Diramalkan Turun
A A A
JAKARTA - Analisis Canalys terbaru meramalkan tahun suram untuk penjualan ponsel cerdas global. Mereka memperkirakan adanya penurunan penjualan 3,1% dibandingkan tahun 2018.

Analis memprediksi akan ada penjualan 1,35 miliar unit handphone tahun ini. Dengan kata lain, sedikit di bawah penjualan 1,39 miliar pada tahun lalu.

Laporan baru tersebut mempertimbangkan tekanan Pemerintah AS yang saat ini memblokir akses Huawei ke perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak berbasis di Amerika. Laporan itu juga memprediksi peningkatan peluang untuk merek lain seperti Samsung selama kejatuhan Huawei.

Faktor utama lain dalam penurunan penjualan ponsel cerdas global adalah kurangnya fitur baru yang substansial. "Kelelahan smartphone dan kurangnya inovasi yang berarti masih merupakan kekuatan pasar utama. Konsumen memegang telepon lebih lama," kata Rushabh Doshi dari Canalys seperti dilansir dari laman GSM Arena.

Melihat ke depan, Canalys memprediksi pertumbuhan smartphone positif pada 2020 dengan perkiraan kembali ke angka 1,39 miliar penjualan global. Bahkan di wilayah tertentu akan pulih lebih cepat daripada yang lain karena berbagai siklus hidup ponsel.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0617 seconds (0.1#10.140)