Meningkat di Masa Pandemi, Penjualan Smartphone Capai 650 Juta Unit

Kamis, 10 Juni 2021 - 22:08 WIB
loading...
Meningkat di Masa Pandemi, Penjualan Smartphone Capai 650 Juta Unit
Foto/dok
JAKARTA - Penjualan smartphone global diperkirakan akan mencapai 650 juta unit pada semester pertama tahun 2021 dengan mencatatkan pertumbuhan dua digit di kuartal pertama dan kedua.

Menurut laporan DigiTimes, pengiriman smartphone secara keseluruhan pada tahun 2021 akan naik 6,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 1,32 miliar unit.

BACA: Udah pada Aus, Ini Ciri-ciri Mobil yang Pernah Turun Mesin

Selanjutnya, pemimpin pasar untuk paruh pertama tahun 2021 akan mencakup Samsung, Apple, Xiaomi, Oppo, dan Vivo, di 5 tempat teratas. Raksasa teknologi ini terlihat mengalami pertumbuhan 'kuat' di paruh pertama, dengan Xiaomi khususnya hampir menggandakan pengirimannya dari tahun ke tahun.

Laporan lebih lanjut menambahkan bahwa pengiriman smartphone 5G diproyeksikan akan mencapai sekitar 500 hingga 520 juta unit pada tahun 2021. Ini akan menandai lonjakan signifikan sekitar 70 hingga 80 persen dibandingkan tahun lalu.



Khususnya smartphone 5G, Apple diperkirakan akan memimpin segmen pasar ini. Di sisi lain, segmen ponsel lipat juga diperkirakan mencapai 18 hingga 20 juta unit pada tahun ini.

BACA JUGA: Ilmuwan Rusia Hidupkan Hewan Purba Setelah Membeku Selama 24.000 Tahun

Sementara Samsung Korea Selatan diproyeksikan memegang posisi teratas dalam kategori ini, pangsa pasarnya di segmen ini diperkirakan turun di bawah 40 persen tahun ini.

Perlu diingat, ini hanya proyeksi pasar saat ini. Namun, itu memang menawarkan pandangan yang menarik tentang bagaimana pasar smartphone pulih setelah pandemi Coronavirus yang menyebabkan industri melambat pada tahun 2020.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE