Google Assistant Sudah Bisa Dipakai untuk Pesan Go-Jek

Rabu, 05 Desember 2018 - 05:01 WIB
Google Assistant Sudah Bisa Dipakai untuk Pesan Go-Jek
Google Assistant Sudah Bisa Dipakai untuk Pesan Go-Jek
A A A
JAKARTA - Dalam ajang tahunan yang digelar hari ini, raksasa teknologi, Google, mengenalkan dua fitur terbarunya di dalam layanan Google Assistant.

Google menyelipkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang bakal bisa membantu penggunanya memesan transportasi online. AI Google juga bisa melakukan pengecekan kuota data internet.

Fitur pesan transportasi online tersebut diberi nama Book a Ride. Sementara untuk layanan cek kuota terintegrasi dengan application program interace (API) yang dimiliki salah satu provider Indonesia, Indosat Ooredoo.

"Google Assistant mencoba mengerti masyarakat Indonesia. Kini persoalan memesan transportasi online dan cek kuota data internet sudah bisa dilakukan hanya dengan perintah suara di Google Assistant," kata Scott Huffman, Vice President of Engineering Google Assistant saat memaparkan kedua layanan tersebut di Jakarta, Selasa (4/12/2018).
Google Assistant Sudah Bisa Dipakai untuk Pesan Go-Jek

Selanjutnya, kata Scott, fitur Book a Ride di Google Assistant baru tersedia untuk layanan dari Go-Jek. Kedepannya tidak menutup kemungkinan memperluas pilihan transportasi lain seperti Grab.

"Kami berjanji akan terus mengembangkan layanan dalam Book A Ride, sesuai dengan kebutuhan pengguna," janji Scott.

Untuk menggunakan layanan Book a Ride, pengguna hanya perlu melakukannya dengan perintah suara Google Assistant. Setelah memberi perintah suara lengkap dengan tujuan, secara otomatis Google Assistant akan menampilkan hasil berupa harga dan jarak tempuh.

Perlu dicatat, layanan Book a Ride baru bisa dipakai dalam bahasa Inggris saja. Kedepannya Google berjanji menyediakan kemampuan dalam bahasa Indonesia dalam waktu dekat.

Sedangkan untuk layanan cek kuota internet, baru tersedia bagi pengguna operator Indosat dan itu pun masih dalam perkenalan.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8838 seconds (0.1#10.140)