Google Berencana Tanam Mesin Pencarinya dengan Teknologi AI

Kamis, 11 Mei 2023 - 12:50 WIB
loading...
Google Berencana Tanam Mesin Pencarinya dengan Teknologi AI
Ilustrasi Google. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Google berencana menanamkan mesin pencari dominannya, dengan teknologi artificial intelligence (AI) yang lebih maju. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan posisinya sebagai gerbang utama internet.

Dilansir AP News, pergeseran bertahap dari mesin pencari Google kepada Bing Microsoft mulai terjadi sejak teknologi artificial intelligence itu diluncurkan tiga bulan lalu.

"Bing Microsoft mulai memanfaatkan teknologi yang mirip dengan yang memberi kekuatan chatbot chatbot yang secara artifisial cerdas, yang telah menciptakan salah satu buzz terbesar Silicon Valley, sejak Apple merilis iPhone pertama pertama 16 tahun yang lalu," tulis laman itu, dikutip Kamis (11/5/2023).



Google yang dimiliki oleh Alphabet Inc, telah menguji chatbot percakapannya sendiri yang disebut Bard. Produk itu, didukung oleh teknologi yang disebut AI generatif yang juga memicu chatgpt.

Tetapi Google mengumumkan, bahwa Bard akan tersedia untuk semua pendatang di lebih dari 180 negara, dan lebih banyak bahasa di luar bahasa Inggris. Ekspansi multibahasa Bard akan dimulai dengan bahasa Jepang dan Korea.

Saat ini, Google siap untuk menguji AI dengan mesin pencari, yang identik dengan penemuan hal-hal di internet selama 20 tahun terakhir, dan berfungsi sebagai pilar kerajaan iklan digital lebih dari USD220 miliar pada tahun lalu.



"Kami berada pada titik belok yang menarik," timpal CEO Alphabet Sundar Pichai.

Teknologi AI lebih banyak akan datang ke Google's Gmail dengan opsi "Help Me Write" yang akan menghasilkan balasan panjang ke email dalam hitungan detik, dan alat untuk foto yang disebut "Magic Editor" yang secara otomatis akan Doctor Pictures.

Google mengungkapkan, rencana menanamkan kecerdasan buatan yang lebih maju ke dalam mesin pencari dominan dan produk perangkat lunak lainnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1055 seconds (0.1#10.140)