Panel LED Mini Siap Menantang Kualitas Premium Layar OLED

Minggu, 04 November 2018 - 07:25 WIB
Panel LED Mini Siap Menantang Kualitas Premium Layar OLED
Panel LED Mini Siap Menantang Kualitas Premium Layar OLED
A A A
JAKARTA - Sumber-sumber industri mengklaim teknologi LED mini telah cukup matang untuk menantang kualitas premiun layar OLED yang dikenal mahal. Bahkan diduga telah memasuki produksi massal tahun ini, tapi belum mencapai volume produksi.

Ini adalah kabar gembira bagi mereka yang hanya mampu membayar ponsel dengan harga murah atau terjangkau. Karena lampu latar LED mini untuk layar IPS LCD modern berpotensi menjadi pengubah peta permainan di industri.

Teknologi LED mini juga dapat digunakan sebagai panel LED matriks aktif yang mendukung. Tapi backlighting untuk LCD tetap menjadi fokus utama karena lebih mudah untuk diproduksi dan biayanya jauh lebih rendah.
Selain itu, peningkatan kinerja dibandingkan panel LCD konvensional bisa dikatakan luar biasa. Laman GSM Arena, Sabtu (3/10/2018), melaporkan, sumber menyebutkan, LED mini mempunyai kecerahan, kontras, reproduksi warna, dan konservasi daya jauh lebih unggul daripada LCD sekarang. Bahkan dapat bersaing dengan layar AMOLED dengan tetap menjaga ongkos produksi.
Teknologi baru ini juga dapat meningkatkan kinerja HDR dari layar LCD, karena jumlah LED yang digunakan untuk panel lampu latar. Contohnya smartphone standar dengan layar 5 inci menggabungkan sekitar 25 unit LED. Sementara lampu latar LED mini dapat menampilkan 9.000 hingga 10.000 unit. Ini akan menghasilkan HDR yang jauh lebih baik berkat kontrol yang jauh lebih rinci.

Di satu sisi, panel OLED saat ini masih lebih baik karena kemampuannya untuk meredupkan piksel individual. Tetapi di sisi lain, tampilan LED-backlit mini masih dapat memenuhi persyaratan ekstrim untuk memproses peredupan lokal saat menampilkan konten HDR. Dan bagian yang terbaik adalah layar baru dapat bersaing dengan layar AMOLED dalam hal ketebalan juga.

Ke depan, panel LED-backlit mini bisa berfungsi sebagai batu loncatan menuju backlight LED mikro. Tetapi yang terakhir masih sulit untuk diproduksi lantaran kerumitan untuk memperbaiki dan kebutuhan menyesuaikan CRI (indeks rendering warna) guna mencocokkan salah satu dari display yang ada saat ini. Jika masalah ini diselesaikan, maka LED mikro akhirnya bisa menggabungkan yang terbaik dari OLED saat ini di panel LCD pada layar yang sama.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1732 seconds (0.1#10.140)