Lupakan OLED, NXTPAPER Bakal Jadi Teknologi Layar Smartphone Masa Depan

Rabu, 06 September 2023 - 22:31 WIB
loading...
Lupakan OLED, NXTPAPER Bakal Jadi Teknologi Layar Smartphone Masa Depan
Layar smartphone buatan TCL yang memiliki karakter seperti kertas lewat teknologi NXTPAPER. Foto: The Verge
A A A
JAKARTA - Lupakan dulu layar OLED yang tajam dan tetap cerah dibawah sinar matahari. Sebab, teknologi baru bernama NXTPAPER diperkirakan bakal jadi tren layar HP di masa depan. Selain dianggap ramah lingkungan dan hemat baterai, NXTPAPER juga membuat mata tidak cepat lelah saat memandang layar lama-lama.

Nama NXTPAPER memang masih asing. Karena teknologi ini masih baru. Belum banyak pula smartphone yang memakainya. Bayangkan NXTPAPER ini seperti layar Kindle, perangkat baca buku elektronik yang dikembangkan Amazon. Tapi, alih-alih hitam putih dan memiliki resolusi rendah, NXTPAPER tak jauh berbeda dengan layar di HP Android biasa.

NXTPAPER sendiri merupakan teknologi layar yang dikembangkan oleh TCL. Teknologi ini menggunakan layar reflektif yang menggunakan cahaya alami untuk menampilkan gambar. Hal ini berbeda dengan layar LCD atau OLED yang menggunakan cahaya buatan.

Teknologi NXTPAPER digadang-gadang bakal populer di masa depan karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan layar LCD atau OLED, yaitu:

1. Lebih nyaman untuk mata, karena tidak memancarkan cahaya biru yang dapat menyebabkan mata lelah dan sakit.
2. Lebih hemat energi, karena tidak membutuhkan cahaya buatan.
3. Lebih ringan dan tipis, karena tidak perlu menggunakan lampu latar.
4. Lebih tahan lama, karena tidak memiliki komponen yang mudah rusak.

Meski belum banyak, teknologi NXTPAPER saat ini telah digunakan dalam berbagai perangkat, termasuk tablet, smartphone, dan e-reader. Berikut adalah beberapa contoh perangkat yang menggunakan teknologi NXTPAPER:

TCL 10 Tab Max
TCL 10 Tab Max 5G
TCL NxtPaper 11
TCL NxtPaper 10s
Onyx Boox Note Air 2
Onyx Boox Nova Air
PocketBook InkPad X

Nah, berikut adalah plus dan minus teknologi NXTPAPER:
Lupakan OLED, NXTPAPER Bakal Jadi Teknologi Layar Smartphone Masa Depan

Keunggulan teknologi NXTPAPER

1. Lebih nyaman untuk mata: Layar NXTPAPER tidak memancarkan cahaya biru yang dapat menyebabkan mata lelah dan sakit. Hal ini karena layar NXTPAPER menggunakan cahaya alami untuk menampilkan gambar.

2. Lebih hemat energi: Layar NXTPAPER tidak membutuhkan cahaya buatan untuk menampilkan gambar. Hal ini membuat layar NXTPAPER lebih hemat energi daripada layar LCD atau OLED.

3. Lebih ringan dan tipis: Layar NXTPAPER tidak perlu menggunakan lampu latar, sehingga layarnya lebih ringan dan tipis daripada layar LCD atau OLED.

4. Lebih tahan lama: Layar NXTPAPER tidak memiliki komponen yang mudah rusak, seperti lampu latar. Hal ini membuat layar NXTPAPER lebih tahan lama daripada layar LCD atau OLED.


Kekurangan Teknologi NXTPAPER

1. Kualitas gambarnya tidak sebagus layar LCD atau OLED: Layar NXTPAPER menggunakan teknologi reflektif, sehingga kualitas gambarnya tidak sebagus layar LCD atau OLED yang menggunakan teknologi transmissive.

2. Sudut pandangnya lebih sempit daripada layar LCD atau OLED: Layar NXTPAPER memiliki sudut pandang yang lebih sempit daripada layar LCD atau OLED. Hal ini karena layar NXTPAPER menggunakan teknologi reflektif.

3. Biayanya lebih mahal daripada layar LCD atau OLED: Layar NXTPAPER masih merupakan teknologi baru, sehingga biayanya masih lebih mahal daripada layar LCD atau OLED.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, teknologi NXTPAPER memiliki potensi untuk menjadi teknologi layar yang populer di masa depan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4888 seconds (0.1#10.140)