Teknologi Laser Ini Bikin Ongkos Perbaikan Layar OLED Jadi Lebih Murah

Sabtu, 22 Juli 2023 - 18:31 WIB
loading...
Teknologi Laser Ini Bikin Ongkos Perbaikan Layar OLED Jadi Lebih Murah
Dengan teknologi laser terbaru, membuat biaya ongkos perbaikan layar OLED jadi lebih murah. Foto/gizmochina
A A A
BEIJING - Mengingat layar OLED saat ini lebih sering ditemukan di perangkat kelas atas, tentunya biaya untuk perbaikannya juga cukup tinggi. Dengan teknologi laser terbaru, membuat biaya ongkos perbaikan layar berkualitas jempolan itu jadi lebih murah.

Kanal YouTube Stranger Parts baru-baru ini memperkenalkan mesin laser tersebut. Mesin canggih itu mampu memperbaiki kerusakan layar OLED termasuk masalah yang sering sekali muncul yakni layar muncul garis-garis hijau.

Dikutip SINDOnews dari laman Gizmochina, Sabtu (22/7/2023), mesin laser bekerja dengan memperbaiki jejak internal panel OLED yang rusak. Jejak ini membawa sinyal listrik melintasi layar. Saat rusak, pengguna sering melihat garis yang terlihat di layar.



Mesin laser membuat ulang jejak yang rusak di dalam panel OLED dengan cara yang sama seperti saat dibuat di pabrik. Menariknya lagi, proses perbaikan hanya membutuhkan beberapa detik, dan garis hijau langsung menghilang.

Dengan mesin laser ini, layar juga tidak perlu dibongkar atau bahkan dimatikan selama proses perbaikan. Operator mesin hanya perlu menemukan lokasi kesalahan yang menyebabkan garis hijau pada OLED dan kemudian mulai melakukan perbaikan.

Cara kerja mesin laser baru ini jauh lebih mudah dan hemat biaya daripada mengganti panel seperti sebelumnya. Diharapkan generasi pertama dari produk ini akan menjadi lebih umum dan berkembang dalam waktu dekat.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)