Telkomsel Pastikan Jaringan Komunikasi di Sulteng Pulih Total

Selasa, 02 Oktober 2018 - 09:01 WIB
Telkomsel Pastikan Jaringan Komunikasi di Sulteng Pulih Total
Telkomsel Pastikan Jaringan Komunikasi di Sulteng Pulih Total
A A A
JAKARTA - Jaringan telekomunikasi pasca bencana alam yang melanda Kota Palu, Donggala, Sulawesi Tengah, berangsur memulih.

Manager Media Relation Telkomsel, Singue Kilatmaka, menargetkan layanan komunikasi Telkomsel pasca gempa di Sulawesi Tengah hari ini sudah bisa 100% pulih.

Sebelumnya ia menerangkan bahwa pihaknya masih berfokus pada beberapa titik krusial untuk memulihkan akses komunikasi.

"Yang kita fokuskan kemarin itu tujuh titik utama yang krusial. Bandara, pelabuhan, rumah sakit, kantor TNI, sama posko yang darurat itu udah aktif sejak kemarin," kata Singue saat ditemui di Jakarta, Senin (1/10/2018).

Ia memastikan titik titik utama itu saat ini sudah benar-benar pulih, setidaknya para relawan dan petugas sudah bisa melakukan komunikasi. Hal utama yang menjadi kendala adalah pasokan listrik dan bbm yang belom lancar.

"Itu yang menjadi kendala semua operator, Pln memadamkan listrik, pemadaman yang dilakukan bergilir, ini yang jadi bikin gak stabil," tambah Singue.

Singue menjelaskan bahwa secara fisik memang tidak ada infrastruktur BTS (Base Transceiver Station) yang hancur. Sempat terputusnya kabel fiber optik Telkom yang menjadi kendala, namun hal itu sudah diperbaiki.

Kendala lain adalah pasokan BBM bagi setiap BTS, yang saat ini masih menggunakan jalur darat untuk pendistribusiannya, sedakan jalanan yang dilalui rusak akibat gempa.

Saat ini yang menjadi fokus Telkomsel adalah untuk mengembalikan akses 4G mereka, sedangkan untuk layanan SMS dan telepon pihaknya memastikan sudah bisa digunakan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9381 seconds (0.1#10.140)