Teknologi IoT Telkomsel Digunakan PDAM Agar Tagihan Air Pelanggan Lebih Akurat

Rabu, 04 Agustus 2021 - 23:12 WIB
loading...
Teknologi IoT Telkomsel Digunakan PDAM Agar Tagihan Air Pelanggan Lebih Akurat
Telkomsel mengimplementasikan pemanfaatan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ke dalam alat ukur penggunaan air sebagai solusi Smart Water Meter. Foto: dok Telkomsel
A A A
JAKARTA - Telkomsel sudah lama menggunakan teknologi Internet of Things (IoT). Terbaru, lewat unit bisnis Telkomsel IoT, mereka jalin kerjasama dengan PT Barindo Anggun Industri mengimplementasikan pemanfaatan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ke dalam alat ukur penggunaan air. Solusi ini disebut Smart Water Meter.

”Banyak korporasi sektor industri berupaya menghadirkan solusi guna dapat terus memberikan produk dan solusi sesuai kebutuhan pelanggan,” tegas VP Internet of Things Telkomsel Alfian Manullang.



Bagian dari Roadmap 5G
NB-IoT merupakan teknologi telekomunikasi Low Power Wide Area Network (LPWAN). Ini bagian dari roadmap teknologi 5G, yang dirancang agar komunikasi antar mesin semakin masif dengan cakupan jaringan konektivitas lebih luas hingga 2x teknologi GSM.

Teknologi NB-IoT juga mampu menghasilkan ketahanan baterai dari perangkat hingga 10 tahun dan dapat menghemat cost dengan biaya modul rendah.

Alfian menambahkan, inovasi teknologi akses NB-IoT pada solusi Smart Water Meter merupakan bagian dari pengembangan platform IoT Smart Connectivity Telkomsel, yang sudah hadir dengan dukungan jaringan 2G hingga 4G/LTE.

Cara Kerja Smart Water Meter
Smart Water Meter merupakan bagian dari teknologi Smart Grid yang berfungsi sebagai “last mile” atau akses pelanggan, di mana semua perangkat dan alat terhubung secara online dengan pengelolaan server terpusat.

Komponen Smart Water Meter terdiri dari sistem smart meter, sistem komunikasi terintegrasi, dan sistem aplikasi pada server.

Pemanfaatan teknologi NB-IoT pada alat meter air tersebut merupakan tahap modernisasi yang dilakukan oleh PT Barindo Anggun Industri untuk meningkatkan kualitas produk yang dapat mendorong efisiensi dan produktivitas bagi pengguna teknologi layanan tersebut, yakni Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Teknologi IoT Telkomsel Digunakan PDAM Agar Tagihan Air Pelanggan Lebih Akurat

Pada tahap awal penerapannya, Smart Water Meter akan tersedia di wilayah Surabaya dan Makassar, kedepannya akan mencakup 12 kota besar Indonesia lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3314 seconds (0.1#10.140)