Telkomsel Luncurkan T-Cash di Bus Trans Semarang

Jum'at, 18 Agustus 2017 - 18:00 WIB
Telkomsel Luncurkan T-Cash di Bus Trans Semarang
Telkomsel Luncurkan T-Cash di Bus Trans Semarang
A A A
SEMARANG - Telkomsel mengembangkan cakupan layanan keuangan digital T-Cash Pass pada Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang, bekerja sama dengan Pemerintah Kota (pemkot) Semarang. Dengan aplikasi digital ini transaksi pembayaran nontunai Trans Semarang bisa dilakukan lebih mudah dan cepat.

Kerja sama pembayaran nontunai tiket BRT Semarang menggunakan layanan Tcash ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Vice President Sales & Marketing Telkomsel Area Jawa Bali, Ericson Sibagariang dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi dalam acara peluncuran Tcash-BRT Semarang di Hall Balai Kota Semarang, Jumat (18/8/2017).

Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan, layanan Tcash hadir di Kota Semarang ini untuk upaya mempercepat pengembangan konsep Smart City sekaligus wujud dukungan membangun Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah pusat.

Untuk memperoleh kemudahan layanan ini, pelanggan Telkomsel yang aktif menggunakan layanan T-Cash dapat dengan mudah mengaktifkan fitur TCASH Pass pada sticker near-field communication (NFC) TCASH. Tersedia di pusat pelayanan transportasi khususnya di halte BRT Balai Kota Semarang dan GraPARI Semarang.

"Setelah aktivasi layanan TCASH TAP dan fitur Pass, pelanggan dapat mengalokasikan saldo untuk layanan TCASH Pass," jelasnya.

Transaksi Tcash di dalam BRT Semarang dapat langsung dilakukan di dalam bus dengan cara melakukan tap atau menempelkan sticker NFC TCASH ke terminal pembayaran BRT Semarang yang dibawa petugas. "Pelanggan dikenakan sesuai tarif yang berlaku, yakni Rp3.500 untuk umum dan Rp1.000 untuk pelajar," imbuh dia.

Wali Kota Hendrar Prihadi menyatakan, pembayaran non tunai ini akan lebih memudahkan dan lebih praktis bagi pengguna BRT. "Tcash mudah dibawa kemana-mana. Chip tinggal dipasang di ponsel. Selain itu juga bisa untuk menghindari pungli, pencatatan tidak sesuai transaksi dan menghindari kebocoran," ungkap Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Dia berharap adanya Tcash ini bisa menarik minat warga untuk menggunakan BRT, sehingga mengurangi kemacetan. "Tcash tidak hanya digunakan untuk BRT namun juga untuk transaksi lain. Oktober, bisa digunakan untuk bayar tol, selain Tcash kami juga memiliki program Kartu Semarang Hebat," ujar dia.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Muhammad Khadik mengatakan, kerja sama Kartu Semarang Hebat dengan BRI dan BNI serta Tcash dengan Telkomsel merupakan bentuk peningkatan pelayanan bagi pengguna BRT.

"Empat substansi pelayanan BRT yakni kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kemudahan. Kerja sama ini untuk kemudahan pelayanan penumpang BRT. Kerja sama Tcash ini baru kali pertama diterapkan di Indonesia," terang Khadik.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8401 seconds (0.1#10.140)