Data Pengguna Yahoo yang Dicuri Hacker Terjual Seharga Rp4 Miliar

Minggu, 18 Desember 2016 - 19:41 WIB
Data Pengguna Yahoo yang Dicuri Hacker Terjual Seharga Rp4 Miliar
Data Pengguna Yahoo yang Dicuri Hacker Terjual Seharga Rp4 Miliar
A A A
CALIFORNIA - Sebelumnya telah diberitakan bahwa 500 juta lebih akun Yahoo berhasil dibobol para peretas. Data personal para pengguna email Yahoo ini bisa digunakan untuk berbagai hal apalagi untuk tindakan melanggar hukum.

Tak heran kalau ada pihak yang mau membayar untuk mendapatkan data tersebut. Menurut laporan dari New York Times, data-data pengguna email Yahoo hasil curian para hacker telah terjual lewat Dark Web pada Agustus kemarin.

Mereka menuliskan, bahwa sebanyak 1 juta data pengguna email Yahoo itu terjual dengan harga sebesar 300 ribu USD atau setara 4 miliar rupiah. Data sebanyak itu, menurut Chief Intelegence Office dari InforArmor Andrew Komarov, terjual kepada tiga pihak.

Dua di antaranya dikenal sebagai sosok spammer yang suda terkenal. Sementara itu, pihak ketiga dipercaya terlibat dalam aksi mata-mata dan kemungkinan memakai data tersebut untuk aksi yang biasa dilaksanakannya.

Andrew mengungkapkan, kemungkinan besar bahwa pihak yang melakukan peretasan terhadap sistem keamanan Yahoo adalah para hacker yang berbasis di Eropa Timur. Data-data personal berupa nama akun, alamat email, password, nomor telepon itupun bisa digunakan untuk berbagai hal.

Bahkan, menurut laporan yang sama dari NYT, akun-akun hasil curian ini juga termasuk akun milik para pegawai pemerintah dan militer Amerika Serikat. Jumlahnya tidak sedikit, mencapai 150 ribu data.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4165 seconds (0.1#10.140)