Yahoo Pilih Angkat Koper dari China daripada Ikuti Aturan Baru

Rabu, 03 November 2021 - 07:25 WIB
loading...
Yahoo Pilih Angkat Koper dari China daripada Ikuti Aturan Baru
Yahoo telah menjadi perusahaan teknologi AS terbaru yang mengakhiri kehadirannya di China. Foto/dok
A A A
BEIJING - Yahoo telah menjadi perusahaan teknologi AS terbaru yang mengakhiri kehadirannya di China karena peraturan yang lebih ketat. Sejak 1 November 2021, pengguna Yahoo di China sudah tidak bisa lagi mengaksesnya.

Dikutip dari BBC News, Rabu (3/11/2021), perusahaan mengatakan produk dan layanan Yahoo hanya berhenti di China tetapi tidak terpengaruh di tempat lain di seluruh dunia.

Dalam sebuah pernyataan, dikatakan: "Yahoo tetap berkomitmen pada hak-hak pengguna kami dan internet yang bebas dan terbuka. Kami berterima kasih kepada pengguna kami atas dukungan mereka."

Kebijakan Yahoo ini mengikuti langkah Microsoft yang bulan lalu mengumumkan bahwa mereka menyetop jaringan sosial LinkedIn di China.



Saat ini China melakukan tindakan keras besar-besaran terhadap perusahaan teknologi besar, baik yang berasal dari AS maupun dari dalam negerinya sendiri.

Serangkaian undang-undang yang disahkan dalam beberapa tahun terakhir berkontribusi pada apa yang dicirikan oleh Yahoo dan lainnya sebagai pasar yang "menantang".

Undang-Undang Perlindungan Informasi Pribadi - atau PIPL - yang mulai berlaku pada 1 November, adalah salah satunya.

Dirancang sebagai undang-undang perlindungan data Tiongkok, undang-undang ini memperkenalkan berbagai peraturan tentang bagaimana data dapat dikumpulkan dan disimpan, dengan ancaman denda yang berpotensi besar hingga 5% dari omset tahunan perusahaan.

Entitas asing yang memproses informasi pengguna, baik melalui cookie dan layanan web harus menunjuk perwakilan di daratan Tiongkok, yang bertanggung jawab atas penegakan hukum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)