Kembangkan Aplikasi dan Solusi IoT, XL Rangkul Developer Lokal

Rabu, 22 Juni 2016 - 18:00 WIB
Kembangkan Aplikasi dan Solusi IoT, XL Rangkul Developer Lokal
Kembangkan Aplikasi dan Solusi IoT, XL Rangkul Developer Lokal
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL) terus berusaha mengembangkan produk yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan masyarakat dan industri. Dalam hal ini, XL coba merangkul para pengembang lokal untuk melahirkan layanan-layanan Internet of Thing ( IoT) yang inovatif dan sesuai dengan permintaan pasar.

"Merangkul para developer lokal adalah pilihan terbaik untuk terus mengembangkan layanan IoT. Indonesia memiliki banyak sekali anak muda yang pintar dan memiliki bakat menciptakan solusi-solusi digital. Namun, mereka membutuhkan sarana untuk berkembang dan lebih produktif. Karena itulah XL memilih berkolaborasi dengan para pengembang lokal untuk maju meraih peluang masa depan," ujar Chief Digital Service Officer XL, Joseph Lumban Gaol, di Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Saat ini XL sendiri memiliki Agnosthing yang merupakan sebuah IoT platform sebagai pengembangan layanan telekomunikasi yang mencakup layanan pengelolaan perangkat, pengelolaan aplikasi baik mobile apps maupun web apps, pengelolaan konektifitas Data Package atau SMS. Selain itu, IoT juga mengembangkan solusi sebagai layanan (Solution as a Service/SaaS).

IOT platform ini dapat dipergunakan oleh berbagai pihak terutama kalangan industri seperti manufaktur dan finansial. Begitu juga dengan kalangan pembuat atau perakit solusi digital, baik itu pengembang, pembuat layanan solusi, system integrators maupun kalangan pengelola layanan publik dan tentunya masyarakat kreatif.

Dalam upaya mengembangkan IoT tersebut, XL menyelenggarakan suatu kompetisi bernama Agnosthings IoT Developer Challenge. Pada event ini, XL menjalin kerjasama dengan komunitas pengembang dan pembuat solusi digital yang tergabung dalam platform "Dicoding" dengan anggota lebih dari 20 ribu developer di seluruh Indonesia.

Selain itu, XL menargetkan tahun ini bisa mengundang kurang lebih 1.000 developer, dimana target dari program ini adalah mampu menghasilkan lebih dari 100 aplikasi untuk Agnosthings dalam berbagai variasi solusi, terutama untuk diterapkan pada layanann Smart City, Smart Home, dan Creative City.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6607 seconds (0.1#10.140)