Traffic XL Diprediksi Naik 30% Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Rabu, 23 Desember 2015 - 22:59 WIB
Traffic XL Diprediksi Naik 30% Selama Libur Natal dan Tahun Baru
Traffic XL Diprediksi Naik 30% Selama Libur Natal dan Tahun Baru
A A A
SEMARANG - Momentum liburan Natal dan Tahun Baru diprediksi akan terjadi lonjakan traffic komunikasi penggunan XL di area Semarang hingga 30% dari kondisi normal.

Regional Sales Manager XL Semarang, Eka Dwidasa Kornia mengatakan, lonjakan trafik terjadi lantaran Jateng-DIY menjadi salah satu daerah tujuan liburan atau mudik.

“Sudah menjadi trend tahunan jika pada momentum Lebaran ataupun Natal dan Tahun Baru akan terjadi lonjakan traffic komunikasi. Kenaikan memang tidak sebesar hari Raya Idul Fitri,” katanya.

Dia mengatakan, dengan trend lonjakan traffic tersebut, XL sudah jauh-jauh hari menyiapkan jaringannya, dengan peningkatan kapasitas yang mampu menampung lonjakan hingga 30% lebih.

“Prediksi kami, seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk menelpon dan berkirim pesan, traffic penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS,” jelasnya.

Eka menambahkan, selama Natal dan Tahun Baru, XL memperkiraan kenaikan traffic akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20%, voice 5%, dan SMS 10%, “ ujarnya.

Manager Management Service XL Central Region, Indra Ardiyanto menambahkan, terkait dengan jaringan 4G, khusus di wilayah Jateng-DIY, 4G baru bisa dinikmati di Jogja, Tegal, Brebes dan Pekalongan. Meski begitu, pada kuartal I/2016 ditargetkan jaringan 4G XL sudah dapat dinikmati di area Semarang dan sekitarnya.

"Tahun depan 4G masuk Semarang, setidaknya di kuartal I/2016," ujarnya.

Meski begitu, lanjunya, saat ini pelanggan XL sudah dapat mengganti kartu chip XL-nya dengan kartu baru yang sudah bisa terkoneksi dengan 4G. Penggantian kartu ini bisa dilakukan di gerai-gerai layanan XL yang ada di Jateng-DIY.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2887 seconds (0.1#10.140)