Natal dan Tahun Baru Telkomsel Pastikan Komunikasi Lancar

Kamis, 17 Desember 2015 - 10:37 WIB
Natal dan Tahun Baru Telkomsel Pastikan Komunikasi Lancar
Natal dan Tahun Baru Telkomsel Pastikan Komunikasi Lancar
A A A
MAKASSAR - Telkom Group menjamin komunikasi pelanggan baik Telkom maupun Telkomsel lancar saat Natal dan Tahun Baru khususnya di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI). Hal tersebut didukung dengan kesiapan jaringan serta base transceiver station (BTS) yang telah dimaksimalkan.

Secara khusus Direktur Network, Information Technologi and Solution Abdus Somad Arief melakukan Rehearsal Test di Kantor Network Telkom Regional 7 KTI untuk memastikan jaringan tetap terjaga, meski dalam kondisi lampu padam hingga jaringan dipindahkan ke jaringan lainnya.

Abdus mengatakan, uji coba dilakukan dengan melakukan proses fiber optic cut, tujuan dari simulasi ini untuk mengecek kesiapan link cadangan Telkom, jika di link utama terjadi masalah. Dimana traffic sebelumnya melewati Pettarani-Kebalen berpindah menjadi Balaikota (Makassar)-Rungkut (Surabaya).

Selanjutnya, uji coba terhadap Fiber Optic cut RAN PAGG – Metro Pettarani dengan mengevaluasi availability main proteksi link MetroE dari TTC Pengayoman ke arah STO Panakkukang. Serta Memastikan fungsi proteksi VRRP di sisi Router PaG Tsel berjalan dengan baik. Setelah eksekusi, maka trafik Telkomsel akan berpindah ke RAN PAG Pettarani 1 (terhubung dengan Node Metro Panakukkang).

"Kami juga melakukan simulasi Catuan Dual Source Tera Router & Simulasi Catuan Backup PLN, untuk memastikan catuan daya untuk masing-masing fungsi bisa berjalan maksimal dan terdapat catuan cadangan jika terjadi masalah pada catuan utama,"katanya, Kamis (17/12/2015)

Dia menuturkan, pada kasus pertama dilakukan dengan mematikan salah satu source catuan DC perangkat Tera Router. Setelah eksekusi, tetap beroperasi normal dan layanan tidak terganggu. Sedangkan pada kasus kedua dilakukan simulasi power off catuan PLN. Setelah eksekusi, catuan PLN dapat di backup oleh catuan GENSET, dan seluruh perangkat beroperasi normal.

"Simulasi ini merupakan program kegiatan TelkomGroup yang bersifat rutin di sepanjang waktu-waktu tertentu seperti selama Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal, Tahun Baru maupun pada kegiatan yang bersifat eventual,"tuturnya.

Simulasi ini juga secara khusus mengawal kehandalan layanan di lokasi-lokasi yang dianggap Top Priority Customers, antara lain perbankan, kepolisian, air line services, pengelola bandara, pengelola pelabuhan laut, maupun lokasi dimana event-event penting sedang berlangsung.

Asa sapaan akrabnya menjelaskan, sebenarnya uji coba jaringan sudah menjadi agenda rutin, hanya saja ditingkatkan karena menghadapi Naru dengan prediksi trafik komunikasi meningkat baik data sekitar 23% voice dan short message service (SMS) naik sekitar 18%.

"Setelah diidentifikasi ada sekitar 665 titik se- Indonesia yang trafik komunikasinya sangat tinggi, seperti Monas, Ancol dan di Sulawesi tertinggi di area Pantai Losari Makassar, Manado dan Palu," katanya.

Abdus Somad Arief memaparkan, selama masa Natal tahun baru sebanyak 7 kantor regional Telkom dan 48 Kanwil semuanya disiagakan 24 jam sejak 23 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016. Begitupun, untuk Telkomsel sebanyak 4 kantor area dan 11 Regional dimaksimalkan. Sementara, terkait dengan call drop, pihaknya memastikan dibawah 2% dari ketentuan BRT bahkan untuk area Makassar sangat kecil call dropnya.

Sementara itu, GM ICT Network Regional Telkomsel Sulawesi, Noviandri mengungkapkan, kapasitas jaringan yang disiapkan dengan bandwith 40-60 Mbps dan ditempat dengan trafik tinggi ditambahkan jaringan Long Term Evolution (LTE) serta mobile BTS. Bahkan, di Kalimantan mampu mencapai 100 mbps.

"BTS disiagakan dengan force sistem dan transmisi sudah rehearsal, dipastikan tidak ada gangguan satu sama lainnya. Bahkan di area Sulawesi sudah ditetapkan 74 Place of Interest (PoI) dan 7 area Platinum dengan asumsi trafik komunikasinya sangat tinggi," ungkapnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0580 seconds (0.1#10.140)