Telkomsel- Pemkot MoU Penyediaan Layanan Telekomunikasi

Selasa, 08 September 2015 - 19:52 WIB
Telkomsel- Pemkot MoU Penyediaan Layanan Telekomunikasi
Telkomsel- Pemkot MoU Penyediaan Layanan Telekomunikasi
A A A
MAKASSAR - Telkomsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, melakukan penandatangan kerja sama Penyediaan Layanan Telekomunikasi berbasis teknologi dan produk M2M (Machine to Machine).

Langkah ini sebagai wujud dukungan terhadap program Makassar Smart City, yang bertujuan meningkatkan penyelenggaraan sarana dan prasarana Telkomunikasi di Kota Makassar. Penandatanganan kerja sama dilakukan Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dan General Manager Account Management Pamasuka Mulya Budiman.

General Manager Account Management Pamasuka, Mulya Budiman mengatakan, Telkomsel memberikan dukungan penuh untuk memajukan kota Makassar menuju tatanan kota kelas dunia.

"Dengan penandatangan kerja sama ini, Pemerintah Kota Makassar dapat mengimplementasi M2M dalam konsep Smart City Platform dan membantu untuk melakukan efisiensi waktu dan sumber daya,” ujarnya.

Kerja sama layanan Telkomsel dan Pemerintah Kota Makassar mengacu pada teknologi, memungkinkan adanya sistim nirkabel dan kabel untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dan jenis yang sama. Layanan kerja sama yang dijalin berupa layanan Kuciniki, T-Drive dan Smart Lighting.

Mulya menjelaskan, layanan Kuciniki merupakan sebuah layanan penyedia informasi aktivitas kepegawaian Pemerintah Kota Makassar.

"Layanan ini bertujuan mengukur efektifitas dari aktivitas sehari hari pegawai dari sisi kehadiran, tugas dan menyediakan laporan terukur ke stake holder Pemerintah Kota untuk mendapatkan informasi mengenai aktivitas dari pegawai-pegawai tersebut yang bisa dijadikan acuan pemberian reward (penghargaan) dengan lebih valid dan terukur," paparnya.

Layanan T-Drive merupakan sebuah layanan penyedia informasi atas kinerja mesin dan perilaku berkendara, yang bersumber pada perangkat OBD-2 yang terpasang dalam port yang tersedia di kendaraan.

"Informasi tersebut dapat diakses dengan username dan password khusus di website maupun aplikasi T-Drive di smartphone berbasis iOS dan android," ujar Mulya.

T-Drive merupakan asisten berkendara cerdas yang dapat mengumpulkan dan menganalisa data saat berkendara. Data tersebut diolah menjadi informasi yang sangat berguna dari sisi Manajemen Transportasi baik perorangan maupun instansi/perusahaan.

Selain itu, layanan ini juga mampu menunjukkan gaya berkendara seseorang bahkan memberikan tips untuk memperbaiki cara berkendara. Layanan berikutnya adalah Smart Lighting. Layanan ini merupakan sebuah layanan penyedia informasi performansi lampu jalan.

“Hadirnya M2M dengan berbagai pilihan teknologi yang terbaik dan ekosistem yang lebih lengkap akan membantu pemerintah dalam menjalankan pemerintahan secara lebih efektif, efisien dan mudah secara operasional ,"tuturnya.

Diharapkan dengan menyediakan ekosistem M2M secara utuh, Telkomsel turut mendukung program pemerintah memajukan kota Makassar melalui sistim keamanan publik.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9679 seconds (0.1#10.140)